Strategi Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar Makassar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Penerbit Qalam, 2017
Ahmad Hariandi, 2019, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SDIT Aulia Batanghari”, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.4 No. I
Ajahari, Ulumul Qur’an,Yogyakarta, Aswaja Pressindo, 2018.
Al Muiz M. N, dan C. 2022. Umatin. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri Melalui Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6 (1): 78-86.
Annisa Aulia Hutasuhut, dkk, 2022,“Strategi Guru MI dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Kelas 6 MIS Taqwa Balimbingan”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No. 2
Arabiah, M. Hasibuddin, dan N. Setiawati. 2023. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education 2 (2): 98-111. https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1400
Asrosi, Muhammad. 2013. Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 5 (2): 163.
Astuti, R., 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini 7 (2).
Basa’ad, T. 2016. Membudayakan Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 6 (2): 594-599. Kamal, M., Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis, Bandar Lampung, Aura, 2019.
Kurniadin, D. dan I. Machali, Manajemen Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2014. Kosasi, Manajemen Strategik, Surabaya, Cipta Media Nusantara, 2021.
Lestari, P. 2019. Anlisis Tingkat Keterampilan Membaca Al-Qu’an Anak di TPQ Al-Ma’tsurat Sumur Dewa Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Mahdali, F. 2020. Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar : Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 2 (2): 143-168.
Marzuki dan S.C. Ummah, Dasar-Dasar Ilmu Tajwid, Yogyakarta, DIVA Press, 2020. Muchtar. I., dkk, Pendidikan Al-Qur’an pada Generasi Milenial, Yogyakarta, Penerbit Bintang Pustaka Madani, 2021.
Mulyono dan I. Suardi, Strategi Pembelajaran di Abad Digital, Yogyakarta, Penerbit Gawe Buku, 2018.
Nasution, Wahyudin Nur, Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, 2017.
Nurfatimah, A., M. Hasibuddin, dan I. Shamad. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros. Journal of Gurutta Education 2 (2): 78-97. https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1393
Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Putra, S. D., M. Hasibuddin, dan N. Pilo. 2021. Strategi Pembinaan Akhlak Santri dan Santriwati di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Maroangin Enrekang. Journal of Gurutta Education 1 (1): 59-77. https://doi.org/10.33096/jge.v1i2.920
Purnamasari, Endang, Belajar Mudah Mkhraj dan Sifat Huruf Hijaiyah, Lombok Tengah, PPPPI, 2022.
Raja MK. dan Arwansyah K. 2022, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur’an di SD Sabbihisma Padang Sumatra Barat”, Journal of Quran and Tafseer Studies, Vol.1 No. 2
Rauf, M., A., A. Bunyamin, dan A. Syahid. 2022. Pembinaan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Sdit Takwa Cendekia Makassar. Journal of Gurutta Education 2 (1): 1-13. https://doi.org/10.33096/jge.v2i1.1009
Ritonga, A.P., dkk. 2022. Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen 1 (3): 343–348.
Ritonga, Zuriani, Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori dan Aplikasi), Yogyakarta, Deepublish Publisher, 2020.
Sihotang, Hotmaulina, Buku Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran Jakarta, UKI Press, 2021.
Simanjuntak, Mariati Purnama, dkk, Pengembangan Program dalam Pembelajaran, Jakarta Utara, PT. Media Guru Digital Indonesia, 2020. Subhan, A. A, Metode Pembelajaran dan Menghafal Al-Qur’an, Bantul: Lembaga Ladang Kata, 2022.
Sugiati, E. dkk., Manajemen Strategi, Tangerang, Unpam Press, 2022. Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet. XIX), Bandung, Alfabeta, 2014.
Surani, I. Bahtiar, dan A.R. Assegaf. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Educational and Learning Journal 3 (2): 84-90. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i2.151
Susanto, H., Profesi Keguruan, Banjarmasin, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, 2020. Sutikno, Sobry, Strategi Pembelajaran, Indramayu, Penerbit Adab, 2020.
Syamsuri, A. S., Pendidikan, Guru, dan Pembelajaran, Yogyakarta, Nas Media Pustaka, 2021.
Triwiyanto, T., Pengantar Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Yasir, M. dan A. Jamaruddin, Studi Al-Qur’an, Riau, Asa Riau, 2016.
Yun, Jim Hoy, Manajemen Strategi: Konsep & Implementasi, Makassar, CV. Nas Media Pustaka, 2020.
Wahab, Gusnarib, dan Rosnawati. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Indramayu, Penerbit Adab, 2021.
https://jsit-indonesia.com/sample-page/pengertian-sekolah-islam-terpadu/ diakses pada 14 April 2023 pukul 18.00.
https://www.pelajaran.co.id/pengertian-dan-definisi-metode-menurut-para-ahli-terlengkap/#google_vignette diakses pada 15 April 2023 pukul 17.12.
https://ummifoundation.org/detailpost/7-program-dasar-metode-ummi diakses pada 15 April 2023 pukul 18.41.
https://kbbi.web.id/kembang diakses pada 2 Mei 2023 pukul 11.23
https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-pengembangan/#Berikut_ini_beberapa_pendapat_ahli_tentang_pengembangan diakses pada 2 Mei 2023 pukul 11.45.
https://ummifoundation.org/detailpost/10-pilar-mutu-ummi-foundation diakses pada 5 Mei 2023 pukul 11.00.
https://rumaysho.com/35143-manusia-terbaik-di-antara-kalian-yang-belajar-dan-mengajarkan-al-quran.html diakses pada 8 Juni 2023 pukul 11.55
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.11816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kameriah Saraswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.