Strategi Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar Makassar

Kameriah Saraswati, Hasibuddin Mahmud, Rosmiati Rosmiati

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar Makassar; (2) menganalisis perkembangan pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar Makassar; (3) mendeskripsikan strategi guru dalam pengembangan pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SD Islam Terpadu Ikhtiar Makassar, sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar Makassar tidak lepas dari sistem pembelajaran yang digunakan, baik dari kualifikasi guru yang bersertifikasi, siswa yang mengikuti pembelajaran berkelompok sesuai kemampuan masing-masing, dan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi. Pembelajean Al-Qur’an di SDIT Ikhtiar menggunakan target tertentu sebagai acuan hasil belajar, dan dalam 3 tahun terakhir telah mengalami perkembangan ditandai dengan adanya peningkatan capaian hasil pembelajaran, dari 42% di 2020-2021, 48% di 2021-2022, dan 92% di tahun 2022-2023. Capaian tersebut tentu dipengaruhi oleh strategi yang dilakukan guru dalam mengawal pembelajaran. Selain melekukan strategi sesuai standar Ummi Foundation, para guru juga berinisiatif untuk mengembangkan strategi seperti: (1) Pemberian punishment dan reward; (2) Penambahan waktu belajar di luar jam belajar; (3) Mengadakan bimbingan khusus bagi kelompok dengan kemapuan siswa yang berbeda; (4) Membangun komunikasi dengan orangtua siswa.Kata kunci: Pengajar Al Qur'an; Metode; Pengembangan; Strategi 

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Penerbit Qalam, 2017

Ahmad Hariandi, 2019, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SDIT Aulia Batanghari”, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.4 No. I

Ajahari, Ulumul Qur’an,Yogyakarta, Aswaja Pressindo, 2018.

Al Muiz M. N, dan C. 2022. Umatin. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri Melalui Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6 (1): 78-86.

Annisa Aulia Hutasuhut, dkk, 2022,“Strategi Guru MI dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Kelas 6 MIS Taqwa Balimbingan”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No. 2

Arabiah, M. Hasibuddin, dan N. Setiawati. 2023. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education 2 (2): 98-111. https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1400

Asrosi, Muhammad. 2013. Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 5 (2): 163.

Astuti, R., 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini 7 (2).

Basa’ad, T. 2016. Membudayakan Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 6 (2): 594-599. Kamal, M., Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis, Bandar Lampung, Aura, 2019.

Kurniadin, D. dan I. Machali, Manajemen Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2014. Kosasi, Manajemen Strategik, Surabaya, Cipta Media Nusantara, 2021.

Lestari, P. 2019. Anlisis Tingkat Keterampilan Membaca Al-Qu’an Anak di TPQ Al-Ma’tsurat Sumur Dewa Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Mahdali, F. 2020. Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar : Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 2 (2): 143-168.

Marzuki dan S.C. Ummah, Dasar-Dasar Ilmu Tajwid, Yogyakarta, DIVA Press, 2020. Muchtar. I., dkk, Pendidikan Al-Qur’an pada Generasi Milenial, Yogyakarta, Penerbit Bintang Pustaka Madani, 2021.

Mulyono dan I. Suardi, Strategi Pembelajaran di Abad Digital, Yogyakarta, Penerbit Gawe Buku, 2018.

Nasution, Wahyudin Nur, Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, 2017.

Nurfatimah, A., M. Hasibuddin, dan I. Shamad. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros. Journal of Gurutta Education 2 (2): 78-97. https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1393

Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Putra, S. D., M. Hasibuddin, dan N. Pilo. 2021. Strategi Pembinaan Akhlak Santri dan Santriwati di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Maroangin Enrekang. Journal of Gurutta Education 1 (1): 59-77. https://doi.org/10.33096/jge.v1i2.920

Purnamasari, Endang, Belajar Mudah Mkhraj dan Sifat Huruf Hijaiyah, Lombok Tengah, PPPPI, 2022.

Raja MK. dan Arwansyah K. 2022, “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur’an di SD Sabbihisma Padang Sumatra Barat”, Journal of Quran and Tafseer Studies, Vol.1 No. 2

Rauf, M., A., A. Bunyamin, dan A. Syahid. 2022. Pembinaan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Sdit Takwa Cendekia Makassar. Journal of Gurutta Education 2 (1): 1-13. https://doi.org/10.33096/jge.v2i1.1009

Ritonga, A.P., dkk. 2022. Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen 1 (3): 343–348.

Ritonga, Zuriani, Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori dan Aplikasi), Yogyakarta, Deepublish Publisher, 2020.

Sihotang, Hotmaulina, Buku Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran Jakarta, UKI Press, 2021.

Simanjuntak, Mariati Purnama, dkk, Pengembangan Program dalam Pembelajaran, Jakarta Utara, PT. Media Guru Digital Indonesia, 2020. Subhan, A. A, Metode Pembelajaran dan Menghafal Al-Qur’an, Bantul: Lembaga Ladang Kata, 2022.

Sugiati, E. dkk., Manajemen Strategi, Tangerang, Unpam Press, 2022. Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet. XIX), Bandung, Alfabeta, 2014.

Surani, I. Bahtiar, dan A.R. Assegaf. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Educational and Learning Journal 3 (2): 84-90. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i2.151

Susanto, H., Profesi Keguruan, Banjarmasin, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, 2020. Sutikno, Sobry, Strategi Pembelajaran, Indramayu, Penerbit Adab, 2020.

Syamsuri, A. S., Pendidikan, Guru, dan Pembelajaran, Yogyakarta, Nas Media Pustaka, 2021.

Triwiyanto, T., Pengantar Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Yasir, M. dan A. Jamaruddin, Studi Al-Qur’an, Riau, Asa Riau, 2016.

Yun, Jim Hoy, Manajemen Strategi: Konsep & Implementasi, Makassar, CV. Nas Media Pustaka, 2020.

Wahab, Gusnarib, dan Rosnawati. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Indramayu, Penerbit Adab, 2021.

https://jsit-indonesia.com/sample-page/pengertian-sekolah-islam-terpadu/ diakses pada 14 April 2023 pukul 18.00.

https://www.pelajaran.co.id/pengertian-dan-definisi-metode-menurut-para-ahli-terlengkap/#google_vignette diakses pada 15 April 2023 pukul 17.12.

https://ummifoundation.org/detailpost/7-program-dasar-metode-ummi diakses pada 15 April 2023 pukul 18.41.

https://kbbi.web.id/kembang diakses pada 2 Mei 2023 pukul 11.23

https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-pengembangan/#Berikut_ini_beberapa_pendapat_ahli_tentang_pengembangan diakses pada 2 Mei 2023 pukul 11.45.

https://ummifoundation.org/detailpost/10-pilar-mutu-ummi-foundation diakses pada 5 Mei 2023 pukul 11.00.

https://rumaysho.com/35143-manusia-terbaik-di-antara-kalian-yang-belajar-dan-mengajarkan-al-quran.html diakses pada 8 Juni 2023 pukul 11.55




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.11816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kameriah Saraswati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.