PENGARUH PENGUASAAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mustahidang Usman, Nurhidaya M

Abstract


ABSTRAK

 

Jenis penelitian adalah penelitian Survey dengan pendekatan metode kuantitatif dengan mengeksplorasi data dilapangan dengan metode analisis deskriktif kuantitatif. Mengingat bahwa populasi guru di sekolah ini kurang dari 100 orang guru maka penetapan sampel pada penelitian ini adalah sampel populasi atau keseluruhan dari populasi yaitu 18 guru.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penguasaan psikologi pembelajaran terhadap peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa yaitu Bahwa penguasaan psikologi pembelajaran, mulai dari memahami siswa sebagai pelajar, memilih metode yang sesuai keadaan peserta didik, membantu peserta didik yang kesulitan dalam belajar dan lain sebagainya , sangat dituntut untuk dimiliki oleh seorang guru, agar seorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan efektif. Tingkat kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa yaitu sudah baik, terbukti dari pemahaman guru tersebut tentang 4 rana kompetensi ( paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional) yang cukup luas dan penilaian dari rekan-rekan guru tentang kompetensi yang dimilikinya yang mencapai 97,2 % atau 16 orang guru menjawab baik.

 

Kata Kunci : Psikologi  Pembelajaran Kompetensi Guru

 

ABSTRACT

 

The type of research was survey research with quantitative method approach by exploring field data with quantitative descriptive analysis method. Given that the teacher population in this school was less than 100 teachers then the determination of the sample in this study was the sample population or the entire population of 18 teachers. The results of this study indicate that the mastery of learning psychology on improving the competence of teachers of Islamic Education in SMA Muhammadiyah Sungguminasa Gowa District that was mastery of learning psychology, ranging from understanding students as students, choosing methods appropriate to the state of learners, helping learners who have difficulty in learning and etc., was required to be owned by a teacher, so that a teacher can create a conducive and effective learning atmosphere. The level of competence of teachers of Islamic Education in SMA Muhammadiyah Sungguminasa Gowa District was good, proven from the teacher's understanding of the 4 broadest range of competence (paedagogic, social, personality, and professional), and the assessment from the teachers about their competence reached 97.2% or 16 teachers answered well.

 

Keywords: Psychology of Teacher Competency Learning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi Jakatra: Rineka Cipta.

Agus Wibowo, dkk. 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhar Basyir, Ahmad. Dkk.1994. Ijtihad Dalam Sorotan. Cet. III. Mizan: Bandung

Bungin, M Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi Faktor – Faktor Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosioligi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Menajemen, dan Pemasaran. Cet.1. KENCANA

Daradjat, Zakiah. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT. Bumi Aksara: Jakarta

Fathurrahman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007. Startegi Belajar Mengajar. Cet.1. PT. Refika Aditama: Bandung

Hartuti,Pudji. 2000. Mengembangkan Kepribadiyan dan Mengubah Perilaku Anak Agar Siap Menghadapi Tantangan Global. Cet.1. CV.Citra Malang: Malang

Hamalik Oemar, 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi (Cet. III; Jakarta: PT. Ciputat Press). h. 104.

Majid, Abdul, 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Majid Abdul. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya) Cet. Ke-1, h. 135.

Nata, Abuddin. 1993. Al-Qur’an dan Hadits. Cet. 2. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Rayon PSG 1 24 UNM, 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru, Jakarta.

Ramayulis, 2004. Ilmu Pendidikan Islam, (Cet. IV; Jakarta: Kalam Mulia)

Razak, Nasruddin. 1997. Dienul Islam. PT.Alma’arif: Bandung

Sardiman.A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Mengajar. Cet.12. PT. Raja Grafindo Persada: jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. PT. Asdi Maha Satnya: Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA,cv: Bandung

Suyanto, dkk, 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Tafsir Ahmad, 2004. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Cet. IV; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya).

Tohirin, 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, ( Cet. IV; Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada).

Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Cet. I.Pustaka Setia: Bandung

Undang undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet.1. 2003. Jakarta: Indonesia Legal Center Publishing

Undang undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cet.1. 2008. Jakarta: Indonesia Legal Center Publishing

Usman,Husaini dan Akbar,Purnomo Setiady.2003.Metodelogi Penelitian Sosial. Ct.4.PT. Bumi Aksara: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i02.1039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mustahidang Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.