PERANAN MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
ABSTRAK
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Dalam penelitian ini digunakan dua jenis sumber data, yakni data primer dan data sekunder, Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: pertama , manajemen boarding school di SMAN 5 Unggulan Parepare mencakup manajemen komponen-komponen sekolah yang mengatur berbagai jadwal kegiatan, peraturan, fasilitas, sarana prasarana yang dapat membantu memotivasi siswa boarding school untuk belajar dan meningkatkan prestasi mereka baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik melalui pembinaan kurikuler yakni pelajaran formal dan pembinaan prestasi unggulan, serta pembinaan ektrakurikuler yakni pengembangan organisasi, pengembangan diri dan pembinaan imtaq. Kedua: Prestasi belajar PAI siswa SMAN 5 Unggulan Parepare tergolong sangat baik di karenakan keseluruhan perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melebihi KKM yang telah ditetapkan dan senantiasa mengalami peningkatan setiap semesternya. Ketiga: Prestasi belajar PAI siswa dalam hal ini program pembinaan imtaq yakni kultum, ta’lim, pengajian rutin, tilawah, pengembangan baca tulis al-quran dan pengajian hari-hari besar Islam.
Kata Kunci : Manajemen, Boarding School, Prestasi PAI
ABSTRACT
This research is a qualitative research. In this research, there are two types of data sources, namely primary data and secondary data. Data collection is done by observation, documentation and interview. The results of this study explain that: firstly, the management of boarding school in SMAN 5 Unggulan Pare-pare includes the management of school components that organize various activity schedules, regulations, facilities, infrastructure that can help motivate boarding school students to learn and improve their achievement in both academic achievement As well as non-academic achievement through curricular coaching that is formal lesson and guidance of superior achievement, as well as extracurricular development that is organization development, self-development and faith and piety development. Second: Learning achievement of PAI students of SMAN 5 Unggulan Pare-pare classified very well in because the overall acquisition of student learning outcomes on the subjects of PAI exceeds the established KKM and always increase each semester. Third:improve student achievement PAI students in this faith and piety coaching program that is speech, ta'lim, recitation routine, recitations, development of reading al-quran and recitation days of Islam .
Keywords: Management, Boarding School, Achievement of PAI
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Abdurrahman, salah. 1994. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-quran. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Khalili, Abdussalam, Amal. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arief, Armai. 2000. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arifin M. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin M. 1994. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendidikan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aziz, Abdul, Shaleh dan Abdul aziz Abdul Majid. At-tarbiyah Wa Thuruqut Tadris. Mesir: Darul Ma’arif.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamas, Nurhayati. 2009. Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pascakemerdekaan.Jakarta: PT Raja Grapindo.
Echols M. John, Hasan Shadli. 1996. An English-Indonesian. Jakarta: Gramedia.
Harjaningrum, tri, Agnes, et.al. 2007. Peranan Orang Tua dan Praktisi Dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Khumairah Mira. 2013. Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Program Boarding School. LTA S.1 Kearsipan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah
Maergon T. Clifford. 1971. introduction to Phychology, sixth edition. New York: Mc Graw-Hill international Book Company.
Maimun, Agus dan Agus, Zainul, Fitri. 2010 . Madrasah Unggulan (Lemabaga Pendidikan Alternatif di Era Komfetitif). Malang, UIN Maliki Press.
Majid, Abdul & Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Maknun, Jonar. Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (Smk), Boarding School Berbasis Keunggulan Lokal. Pdf, JPTA FPTK UPI.
Nawawi, Hadari. 2011. Metode Penelitian Bidang Sosial. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Porwodarminto. WJS. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruz media.
Putro, Zarkasyi, Khamin. 2005. Orang Tua Sahabat Anak dan Remaja. Yogyakarta: Cerdas Pustaka.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet V. Bandung: PT Remaja Rosdaka.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 TARBAWI : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM