MENSINERGIKAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK AL-KARIMAH (KARAKTER) PESERTA DIDIK
Abstract
ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan sinergi tri pusat pendidikan dalam pembinaan akhlak al-karimah peserta didik. Generasi muda yang berakhlak mulia adalah penerus bangsa yang menjadi tumpuan dan harapan semua pihak untuk menata masa depan yang lebih baik dan sangat diharapkan untuk menggantikan estafet kepemimpinan bangsanya. Harapan tersebut menjadi suatu keprihatinan mendalam, ketika menyaksikan situasi akhir-akhir ini para generasi muda terjerumus dalam berbagai penyimpangan. Derasnya arus modernisasi lewat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta jaringan-jaringan yang canggih telah memudahkan para generasi muda melakukan penyimpangan. Banyaknya informasi yang menyesatkan, hiburan yang lebih mempertontonkan kekerasan dan pornografi dengan pola sekuler yang senantiasa dihadirkan dapat menghancurkan akhlak dan kepribadian generasi muda. Atas dasar inilah seharusnya semua pihak perlu memberikan perhatian secara maksimal terhadap bidang pendidikan akhlak.
Kata Kunci: Tri Pusat Pendidikan, Akhlak dan Peserta Didik
ABSTRACT
This study aims to describe the synergy of tri center education in the development of good moral (Akhlak Al-Karimah). The young generation of good moral is the next generation that become basic and goal all elements to organize a better future and expected to replace the national leadership relay. The expectation becomes a deep concern, when looking the currently of situation that the next generation fall into various of deviations. The rapid flow of modernization through advancement of science, technology, and sophiscated networks has made the young generation are easier to make deviation. A lot of misleading information, entertainment that show more violence and pornography with secular patterns that always presented can destroy moral and personality of young generation. On this basis all elements should need to give most attention toward moral of education.
Keywords: Tri Education Center, Morals and Learners
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asmaran, As. Pengantar Studi Akhlak. Cet. III; Jakarta: LSIK, 2002.
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. V. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2011.
Adhim, M. Fauzil. Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda, Cet.IV, Bandung: PT. Mizan Pustaka; 2008.
Al-Qarni, Aidh. Membina Rumah Tangga Bahagia, Cet.I. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007
Alang, Sattu. Kesehartan Mental dan Terapi Islam, Cet. II. Makassar: Berkah Utami; 2005.
Ahmad Soeban. Beni. Ilmu Pendidikan Islam, Cet.I. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Cet.IX, Jakarta; Bumi Aksara, 2011.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT. Syaamil Cipta Mulia, 2005.
Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Mendesain Insan yang Hakiki dan Mengintai Muslimah dalam Sejarahnya, Ed. I. Cet, I. Makassar: Berkah Utami; 2002.
Mappanganro, Pemilikan Kompetensi Guru, Makassar: Alauddin Press; 2010.
Musdah Mulia, Siti. Membangun Surga di Bumi, Kiat-kiat Membina Keluarga Ideal dalam Islam (Jakarta: Ikapi, 2011
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam (Cet. II; Jakarta: Kencana, 2008
Rimang, Siti Suwadah, Meraih Predikat Gurudan Dosen yang Paripurna, Cet. I, Bandung : Alfabeta; 2011.
Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik), Cet. I; Bandung, Alfabeta, 2010.
Suharsono, Mencerdaskan Anak, Cet. I. Jakarta; Intisari Press; 2000.
Umar, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam Cet. I, Jakarta, AMZAH, 2010.
Yunahar. Kuliah Akhlak. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2000.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i02.1015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Wahdaniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.