PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SMP DI MAKASSAR

Mukhlis Mukhlis

Abstract


Keabstrakan objek matematika dan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat, menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya belajar matematika bagi para siswa. Mereka merasa apa yang dipelajarinya kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka merasa “dipaksa” untuk mempelajari sesuatu yang berada di luar jangkauan daya pikirnya. Akibatnya, prestasi belajar matematika di Indonesia masih relatif rendah dan tidak mengalami peningkatan yang berarti. Pembelajaran matematika khususnya di jenjang pendidikan dasar sebaiknya dikaitkan dengan pengalaman kehidupan nyata siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang mengaitkan pengalaman kehidupan nyata siswa dengan pembelajaran matematika adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Melalui penerapan Pendekatan PMR di SMP Negeri 34 Makassar diperoleh bahwa: (1) Ketuntasan belajar secara klasikal: tuntas, yaitu sebanyak 85,37% siswa memperoleh skor ≥ 65% dari skor total hasil tes;  (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran: efektif; (3) Aktivitas Siswa: Efektif; dan (4) Respon siswa: positif. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik SMP di Makassar efektif. Berdasarkan analisis inferensial diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika konvensional.


Keywords


PMR; ketuntasan belajar; kemampuan guru; aktivitas siswa; respon siswa

Full Text:

PDF

References


De lange, J. 1987. Mathematics, Insight and Meaning. Utrecht: OW & OC Nederlands

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institut. Netherland.

Hasratuddin. 2002. Pembelajaran Matematika Unit Geometri Dengan Pendekatan Realistik di SLTPN 6 Medan. Tesis. PPS UNESA Surabaya.

Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajarn Matematika. JICA Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.

Maesuri. S. 2002. Sistem Penilaian (Assesment) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional KBK di Unesa Surabaya. Tanggal 27 Oktober 2002

Mukhlis., Irwan Akib., Sitti Fithriani Saleh., 2007. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) SMP di Makassar. Laporan Hasil Penelitian. Unismuh Makassar.

Soedjadi, R. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Nasional. FMIPA Unesa Surabaya.

Zulkardi. 2001. Realistic Mathematics Education (RME). Teori, Contoh Pembelajaran dan Belajar Internet. Makalah disajikan pada Seminar Sehari RME di UPI Bandung. Tanggal 4 April 2001.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v1i1.7340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: