PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA

Ilhamuddin Ilhamuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar matematika siswa melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning yang dilakukan selama dua siklus yaitu empat kali pertemuan siklus I dan empat kali pertemuan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Sungguminasa, dengan jumlah  32 siswa yang terdiri atas 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki, dalam pokok bahasan Lingkaran, pada semester genap tahun 2014/2015. Setelah diadakan tindakan, data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus I skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning sebesar 67,97 dengan standar deviasi 16,89 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 87,5%. Pada siklus II skor rata-rata siswa adalah 66,56 dengan standar deviasi 8,37 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 59,37%. Hal ini berarti bahwa ketuntasan belajar secara klasikal tidak tercapai akan tetapi dalam kualitas hasil mengalami peningkatan.Keaktifan siswa dalam kualitas proses belajar mengalami peningkatan, ini terlihat dari perbandingan rata-rata dari lembar observasi aktifitas siswa pada siklus I dan siklus II. Ini menunjukkan penggunaan pendekatan pembelajan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar matematika walaupun tingkat kesulitan pokok materi pada pembahasan di siklus II lebih berat di banding siklus I. Respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning dilihat dari pemberian angket kepada  siswa yang mencakup 6 pertanyaan dimana siswa pada umumnya merespon positif. Dari kualitas penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning di SMP Negeri 3 Sungguminasa dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.

Keywords


Kualitas Pembelajaran; Pendekatan Pembelajaran Contextual; Teaching And Learning

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Pontianak: Alfabeta.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. DI-VA Press: Jogjakarta.

Nuharini Dewi.2008.Matematika Konsep Dan Aplikasinya.Jakarta :Penerbit CV. Usaha Makmur.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riyanto, Yatim.2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Kencana.

Trianto, M. Pd. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.