PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SERTA CARA BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17407Keywords:
Pembelajaran Matematika, Berpikir Kritis, Problem based learningAbstract
Kemampuan berpikir kritis memungkinkan individu untuk menganalisis serta mengintegrasikan informasi guna memecahkan masalah dalam konteks tertentu. Salah satu pendekatan yang berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu Model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman matematis serta cara berpikir kritis pada siswa menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah sampel yang terlibat adalah 20 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tilamuta, instrumen yang digunakan antara lain modul ajar, LKPD. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah di lakukan, terdapat 20 siswa yang telah mengikuti tes tersebut Rentang nilai yang diperoleh siswa cukup bervariasi, dengan adanya peningkatan skor rata-rata dari siklus 1 ke siklus 2 ditunjukkan bahwa sebagian besar siswa mendapatkan skor di kisaran 40-60. Beberapa siswa menunjukkan performa yang cukup baik dengan memperoleh nilai di atas 55. Di sisi lain, terdapat beberapa siswa yang memperoleh nilai di bawah 40.
References
Ab Marisyah, Firman, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2-3.
Hallinger, P. (2021). Tracking the Evalution of the Knowledge Base on Problem-based Learning: A Bibliometric Review, 1972-2019. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 15(1).
Rahmananda, T., Haryadi, R., & Darma, Y. (2024). Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Inovasi Video Pembelajaran Berbasis
Model Problem Based Learning. Mathema Journal E-Issn, 6(1), 90–102.
Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional, 160–175.
Restu Fristadi & Haninda Bharat. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015. Diakses pada Kamis 26 Desember 2024
Fransisca P.D, Malawi I, & Prasetyowati A. (2023) Peningkatan Pemahaman Matematis Melalui Model Problem Based Learning pada Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Diakses pada kamis 26 Desember 2024
Amal, I., & Nindiasari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 2746–7503. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma
Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023).
Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. LaGeografia, 22(1), 12.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sihaloho, S. M., & Saragih, M. J. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika [Implementation of the Problem Based Learning Model To Improve Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 8(1), 101. https://doi.org/10.19166/johme.v8i1.8270
Yulianti, Eka, & Gunawan, Indra. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Doi : 10.24042/Ijsme.V2i3.4366
Amal, I., & Nindiasari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 2746–7503. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma
Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. LaGeografia, 22(1), 12.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sihaloho, S. M., & Saragih, M. J. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika [Implementation of the Problem Based Learning Model To Improve Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 8(1), 101. https://doi.org/10.19166/johme.v8i1.8270
Amal, I., & Nindiasari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 2746–7503. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma
Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. LaGeografia, 22(1), 12.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sihaloho, S. M., & Saragih, M. J. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika [Implementation of the Problem Based Learning Model To Improve Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 8(1), 101. https://doi.org/10.19166/johme.v8i1.8270
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.