PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.10242Keywords:
Talking Stick dan hasil belajarAbstract
Hasil belajar matematika yang masih rendah menjadi latar belakangpenelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenerapan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII SMPN 1 SungaiLimau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitianeksperimen dengan desainnya Control-group post test only. Teknikpengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling.Hasil penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ranahkognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talkingstick memiliki nilai rata-rata 62,47 dan hasil belajar ranah kognitif siswayang diajarkan menggunakan model konvensional memiliki nilai rata-rata46,64. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan dan dk = 47 diperolehthitung = 2,21 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwahasil belajar ranah kognitif siswa yang diajarkan menggunakan modelkooperatif tipe talking stick lebih baik daripada hasil belajar ranah kognitifsiswa yang diajarkan menggunakan model konvensional.References
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. JUrnal Mubtadiin, 7 No 1.
Andayani, D., Suryani, M., & Mardiyah, A. (2022). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah soal matematika berdasarkan kemampuan akademik siswa. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11.
Hasratuddin. (2021). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141.
Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94–102.
Lestari, eka kurnia, & Yudhanegara, mokhammad ridwan. (2018). penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.
Ornelia, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Tehadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 35 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Belajar.
Sutama. (2013). Pembelajaran Kontekstual Matematika Berbasis Lesson Study Di SD Pasca Bencana Erupsi Merapi. Kafilah Publishing.
Wahyuni, S., Kundera, N. I., & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Toriapes Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulaki Online, 1(1), 64–76.
Ziliwu, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary School, 3(1), 8–12.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.