POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR

Andi Astitah, Amirah Mawardi, Nurhidaya M.

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alternatif untuk pembentukan karakter peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada adalah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang membawahi semua ekstrakurikuler, Ekstrakurikuler yang wajib ada di sekolah Muhammadiyah adalah Hizbul Wathan (HW) dan tapak suci, dan ekstrakuikuler tambahan yaitu Palang Merah Remaja (PMR), Futsal, marching band, dan allughatul ‘arabiyah. Program rutin di sekolah yaitu pembelajaran MBTA setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, sholat duha sebelum jam istirahat dan sholat zuhur secara berjamaah. Pola pembinaan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler antara lain pola pembiasaan, demonstrasi, keteladanan, pemberian nasihat, dan berkelompok dalam kegiatan kepramukaan.  Dalam pelaksanaan pembinaan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler sudah menunjukkan karakter peserta didik menjadi lebih baik yang dapat terlihat dari tingkah laku peserta didik. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler antara lain yaitu: semangat dari peserta didik itu sendiri dan dukungan dari sekolah yang mewajibkan setiap peserta didik memiliki ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambat adanya pembinaan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu: pergaulan peserta didik yang terkadang ikut-ikutan dengan temannya, masalah waktu, orang tua yang kurang mendukung, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta faktor kemalasan dari peserta didik itu sendiri.

Kata Kunci: Pembinaan Karakter; Peserta Didik; Kegiatan Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan.2005. Depok: Al-Huda

Abdul Majid dan Diyan Andayani. 2011. pendidikan karakter perspektif islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Abdul Rachman Shaleh. 2005. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. PILAR, 10(2).

Imam Gunawan. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Imam Ibnu Katsir. Tafsir Ibnu Katsir Terj. Arif Rahman Hakim. MA.dkk. 2015. Jilid 8 Surakarta : Insan Kamil

Jaya, I. S., & Malli, R. (2019). PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PILAR, 10(2).

John M.Echolas dan Hasan Shadily. 2006. Kamus Inggris-Indonesia Jakarta: Gramedia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Malli, R., Firda, F., & Amrullah, W. (2019). STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON ASRAMA DI SMP UNISMUH MAKASSAR. PILAR, 10(2).

Ridwan Abdullah. Muhammad Kadir. 2010. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Cet. 1: Jakarta : Bumi Aksara

Rohinah MN. 2012. Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani

Saenab, S., Muslimin, A. A., & Abdullah, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. PILAR, 10(2).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. Research and Development. Bandung Alfabeta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sulaiman Saat. Sitti Mania. 2018. Pengantar Metodologi Penelitian. Penerbit Sibuku

Syaikh Shafiyyurrahman Al- Mubarakfuri. 2016. Sirah Nabawiyah. terj. Kathur Suhardi. Cet. 46; Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2016. Cet.7. Jakarta : Sinar Grafika

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.