FORMULASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Abd Rahman BP, Yusdayanti Yusdayanti, Muhammad Nawir, Hidayah Quraisy

Abstract


Setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan, untuk menunjang pemenuhan kebutuhan mereka yang semakin hari semakin kompleks. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Tanpa pendidikan, seseorang akan sulit untuk beradaptasi serta mendapatkan pekerjaan yang layak. Karena itu, masa depan bangsa bergantung pada formulasi pendidikan yang berlaku. Dalam perumusan formulasi kebijakan pendidikan tentunya tidak ditetapkan begitu saja melainkan mempertimbangkan banyak faktor dan beberapa kondisi yang harus disesuaikan dengan iklim masyarakat suatu bangsa. Formulasi kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan oleh negara akan semakin bagus ketika stakeholder pelaksana mumpuni dalam mengimplementasikannya. Sehingga perlu ada penyesuaian kompetensi para stakeholder yang menjadi ujung tombat pelaksaan formulasi kebijakan pendidikan.

Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan; Kompetensi; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ali Imran. 1993. Kebijakan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.

Arwildayanto; Suking, Arifin; dan Sumar, Warni Tune. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: CV Cendekia Press.

Darwis. Formulasi Kebijakan Pendidikan Gratis Kabupaten Pelalawan Tahun 2013. Jom FISIP VOL. 2 NO.2 Oktober 2015, h. 1-13

M Irfan Islamy. 2001. PrinsipPrinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara: Jakarta

Rusdiana. (2014). Kebijakan Pendidikan. Bandung: Pusat Penelitian Dan Penerbitan Uin Sunan Gunung Djati

Suhelayanti. Analisis Kebijakan Pendidikan. Lentera Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Volume 1, Nomor 1, 2019, h. 11 – 26

Supandi & Sanusi. 1988. Kebijakan & Keputusan Pendidikan. Depdikbud: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan Solihin abdul wahab.1997. Analisis Kebijakan, dari formulasi keimplementasi kebijakan negara. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.