PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM PROMOSI PRODUK BARANG JADI

Muhammad Yahya, Syaharullah Syaharullah, Ahmad Syarif

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung. Seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi dan sistem pemasaran. Sebagai contoh, dahulu dalam bertransaksi produk atau barang, pembeli dan penjual harus bertatap muka untuk memperoleh kesepakatan atau transaksi. Jangkauan penjual dan pembeli sangat terbatas. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan bisnis, penjualan dan pembelian produk adalah dengan menggunakan media sosial. Hal tersebut untuk memasarkan dan membeli berbagai macam produk atau barang jadi, baik dalam bentuk fisik seperti makanan, pakaian, elektronik dan lain-lain. Saat ini banyak media sosial yang bermunculan seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, line dan aplikasi lainya. Meskipun demikian, pengguna aplikasi facebook di Indonesia sampai sekarang masih banyak. Dari berbagai cara berkomunikasi yang ada, facebook adalah salah satu sistem komunikasi yang saat ini digunakan. Facebook salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan olehmasyarakat Indonesia, maka tidak mengherankan apabila media Facebook dapat menjadi sebuah peluang bisnis sekaligus menjadi alat pemasaran produk yang sangat potensial sebagai toko online (online shop). Online shop merupakan toko belanja online yang sangat memudahkan pebisnis menjual barangnya, dan memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang dia inginkan. Adanya komunikasi bisnis yang dilakukan dalam media sosial merupakan sebuah inovasi yang turut mendukung perkembangan bisnis. Mengingat bahwa dunia telah bertransformasi menjadi serba digital..

Kata kunci: Belanja Online, Facebook; Marketing Online

Full Text:

PDF

References


Abror, Fauzan Jatinka, (2015). Kelebihan Facebook Sebagai Media Komunikasi Jual Beli Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pemilihan Media Sosial Sebagai Media Jual Beli Online Di Kalangan Remaja Usia 12-21 Tahun Pada Grub Facebook Forum Jual Beli Handphone Cirebon). Jurnal Komunikasi. 2.

Butarbutar, Marisi, dkk. (2020). Manajemen Pemasaran: Teori dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Dapu, Silvana Monica, dkk. (2015). Persepsi Khalayak Terhadap Iklan Aqua Botol Tanpa Segel Plastik (Studi Di Kelurahan Malalayang I Timur Kota Manado). e-journal”Acta Diurna” Volume IV. Hal 4-5

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi, Teori & Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Firmansyah, Anang (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Firmansyah, Farid, dkk. (2019). Manajemen Kualitas Jasa. Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan. Pamekasan: duta Media Publishing.

Funk, Tom. (2013). Advance Social Media Marketing. New York: SPi Global.

Hadi, Ido Prijana, dkk. (2020). Komunikasi Massa.Pasuruan: Qiara Media.

Helianthusonfri, Jefferly (2019). Belajar Sosial Media Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hermawan, Agus (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Juni, Donni Priansa, (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Mujahida. (2013). Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi. Vol. XV, No. 1. Hal 101-102

Muwafik, Akhmad Saleh, dkk. (2020). Communipreneur (Model-model Komunikasi Kreatif di Era Industri 4.0). Malang: Inteligensia Media.

Panuju, Redi. (2018). Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Prenadamedia Group.

Premita Lisawati, Efektivitas Iklan Pada Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Menggunakan Metode. Fakultas Ekonomi.

Prihatin (2018). Implementasi Kebijakan Promosi Pariwisata dalam pengembagan Potensi Wisata Daerah. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Purwadinata, Subhan, dkk. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi. Malang: Literasi Nusantara.

Rachmadi, Tri. (2020). The Power of Digital Marketing. Tiga Ebook.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Ahmar Cendekia Indonesia.

Salim, dkk. (2019). Penelitian Pendididkan. Jakarta: Kencana

Wahyuni, Rita Arifin (2015). Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif.Bina Insani Ict Journal, Vol.2, No.2. Hal 118.

Yuhefizar, (2009). Berteman dan Berbisnis lewat Facebook. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yusuf, Muhammad Saleh, dkk. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.