PENANAMAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK MELALUI METODE BERCERITA DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANNURUKI

Sulaeman Masnan

Abstract


Tujuan untuk Mengetahui konsep penerapan metode bercerita SD Negeri Mannuruki, untuk mengetahui proses penerapan metode bercerita dalam penanaman akhlak mulia peserta didik di SD Negeri Mannuruki, untuk mengetahui hasil penerapan metode bercerita dalam penanaman akhlak mulia peserta didik di SD Negeri Mannuruki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sember data dalam penelitian adalah Guru dan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu taknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut: konsep awal penerapan metode bercerita di SD Negeri Mannuruki yaitu materi yang mencakup dalam RPP, buku kisah-kisah, dan alat peraga, al-Quran dan kitab hadist. Dalam penerapan metode bercerita di SD Negeri Mannuruki sudah tercipata dengan baik yang dimana sangat membantu peserta didik untuk memahami pembelajaran sehingga dapat menarik simpati peserta didik dan tidak merasa bosan. Serta hasil yang diperoleh dari proses penerapan metode bercerita dapat dilihat dari respon peserta didik yang cukup baik bagaimana peserta didik telah dapat memahami pesan-pesan moral yang disampaikan oleh guru serta melaksanakan pesan-pesan yang mengenai akhlak mulia adapun faktor pendukung yaitu, Kebiasaan atau tradisi yang ada di SD Negeri Mannuruki seperti kebiasaan mengucapkan salam ketika masuk atau keluar dari kelas, Kesadaran para peserta didik, Adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam penanaman akhlak mulia peserta didik, Motivasi dan dukungan dari kedua orangtua dan faktor penghambat yaitu, Latar belakang siswa yang kurang mendukung, Lingkungan masyarakat atau pergaulan, Kurangnya sarana dan prasarana, Pengaruh tayangan televisi.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahan, 2013. Bandung: PT Madinah Raihan Makmur.

Abdullah, J. (1997). Memilih Dongeng Islami Pada Anak. Jakarta: Amanah.

Ahmadi, Abu dan Noor Salimi (1994). MKDU Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Islam. terj, Bustami Abdul Ghani Cet.III, Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Munawwar, Said Agil Husin (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Cet.II; Jakarta: Ciputat Press.

An-Nahlawi, Abdurrahman (1992). Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Cet.II; Bandung: CV. Diponegoro.

AR, Sukiman (2002). Pembelajaran di sekolah Berorientasi Kecakapan Hidup. Majalah Akrab, No.231/XVIII.

Arief, Armai (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan. Cet. ke-1; Jakarta: Ciputat Press.

Arifin, M. (1993). Filsafat Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz al-Khauli, Muhammad Abdul. Al-Adab al-Nabawi (2006). diterj. oleh: Achmad Sunarto dengan judul Menuju Akhlak Nabi ( Bimbingan Nabi dalam Interaksi Sosial), Cet pertama, Semarang: Pustaka Nuun.

Bungin Burhan (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Daradjat, Zakiah (1992). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Djatnika, Rahmat (1987). Sitem Ethika Islam (Akhlak Mulia). Cet.I; Surabaya: Pustaka.

Gunarti, Winda dan Hapinudin (1996). Pedoman Perencanaan dan Evaluasi Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PGTK Darul Qolam.

Hakam, K. A. (2000). Pendidikan Nilai. Bandung: MKDU Press.

Ilyas, Asnelli (1997). Mendambakan Anak Soleh. Cet.ke-2; Bandung: Al-Bayan. Imron, Arief dan Achmad Hidayat, 2004. Panduan Mengajar KBK di Taman Kanak Kanak. Cet. ke-1; Jakarta: Insida Lantabora.

Kaswardi, E.K. (1993). Pendidikan Nilai Memasuki tahun 2000. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Majid, Abdul dan Dian Andayani (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Cet.I; Bandung: Rosdakarya.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nasih, Ahmad Munjin dan Kholidah Lilik Nur (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cet. I; Bandung: Refika Aditama

Nor Wan Daud, Wan Mohammad (2003). Filsafat Islam dan Praktek Pendidikan Islam Seyd M. Naquib a-Attas. Cet.I; Bandung: Mizan.

R. Moeslichatoen (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Rieka Cipta.

Soekanto (2001). Seni Bercerita Islami. Cet.ke-2; Jakarta: Bina Mitra Press.

Sugihastuti (1996). Serba-serbi Cerita Anak-anak. Cet. ke-1; Jakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 27; Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Fathiyah Hasan (1986). Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali. Cet.I; Bandung: al-Ma.arif.

Syahidin (1999). Metode Pendidikan Qur’ani Teori dan Aplikasi. Cet. I; Jakarta: CV Misaka Galiza.

Tafsir, Ahmad (2003). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet.ke-7; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yunus, Mahmud (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Cet. ke-11; Jakarta: Hida Karya Agung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.