KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MANUJU KABUPATEN GOWA

Elli Elli

Abstract


Penelitian ini menganalisis kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, pengembangan kualitas pembelajaran dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data bersumber dari dua sumber, yakni sumber data primer dan sekunder, sedangkan instrumen dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, pedoman wawancara dan data dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kreativitas guru agama islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan pengamalan, khususnya pengetahuan tentang Pendidikan Agama Islam. Guru sebelum melakukan pembalajaran dikelas guru selalu melakukan, perencanaan, pelaksaan dan evaluasi, pada tahap perencanaan guru membuat rancangan pembelajaran yang di dalamnya terdapat silabus, dan RPP, pada pelaksanaan guru melaksanakan proses pembelajaran yang sudah direncanakan di RPP sedangkan tahap evaluasi yaitu guru membuat tentang materi pembelajaran, hal tersebut untuk mengetahui sejauh mana siswa paham terhadap materi pembelajran yang di ajarkan,  kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Manuju khususnya Pendidikan Agama Islam meningkat karena mampu menciptakan suasana yang kondisif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Motivasi belajar siswa dapat dilihat dari semangat siswa balajar, kemandirian siswa dalam belajar dan kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu, faktor pendukung kreativitas Guru dalam meningkatkan  kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa adalah salah satunya peran serta orang tua siswa, misalnya membagi waktu antara pekerjaan dengan anak ataupun keluarga, mendidik dan membimbing anak kejalan yang lebih baik, serta menanamkan nilai dan norma pada anak yang sudah mulai luntur. Dengakan faktor penghambat kreativitas guru yaitu kurangnya perhatian orang tua siswa, serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai,dan lingkungan luar sekolah yang tidak mendukung.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahnya. Departemen Agama RI.

A.M Sadirman 2005 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Abdul Wahid dan Mustakim 2003, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta Abidin Monirul 2010, Menjadi Kreatif, Malang; UIN Maliki.

Agung Iskandar 2010, Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru, Jakarta: Bestari Buana Murni.

Agus Bustanuddin 2006, Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Daradjat Zakiah, DKK 1992 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta Bumi Aksara. Degeng Sudana 1990, Ilmu Pembelajaran, Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

Djamarah Saiful Bahri 2000, Guru dan Anak Didik Iteraksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta

Ferdinan. 2017. Desanin Pembelajaran, Gunadarma Ilmu Jakarta.

Hartono 2008, PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Dan Menyenangkan, Pekanbaru: Zanafa.

Kementrian Agama RI 2011, Alquran dan Terjemahannya, Bandung:AL-Mizan Publishing House.

M Basyiruddin Usman dan Asnawir 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers

M Moeliono Anton, 1988,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikpud.

Mohamad Nurdin dan Hamza B 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM pembelajaran aktif inofatif kreatif menyenangkan. Jakarta: Paragotama Jaya

Mulyadi 2010, Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model di Sekolah, UIN Maliki Pers.

Munchit Saekhan 2008, Pembelajaran Konstekstual, Semarang:Rasail Media Group.

Poerwadarminta 2006, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam Jakarta: Kalamuliah.

SM Ismail 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group

Soetopo 1993, Metode Pembelajaran, Jakarta:PT Rineka Cipta

Sudjana Nana 1989, Proses Belajar Mengajar, Jakarta:Rajawali Press.

Tohirin 2014 Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Trianto 2017, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta:Pt Bumi Aksara Undang-undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Tahun 2005)

Yusuf Muri 1986, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta:Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.