PERHATIAN ORANG TUA PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA

St Mutahharah

Abstract


Penelitian untuk menganalisis perhatian orang tua terhadap anaknya dalam motivasi belajar dan hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa di SDN 59 Garotin kecamatan Anggeraja kabupaten Enrakang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif, oleh karena itu teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hal ini diperlukan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa hubungan perhatian orang tua berada dalam kategori baik yaitu pada interval 33,75 – 36,25 dengan nilai rata-rata 35,09. Begitu juga dengan motivasi belajar siswa berada dalam kategori baik pada interval 35,1 – 36,9 dengan nilai rata-rata 36,02. Dari hasil uji t, nilai thitung perhatian orang tua sebesar 0,349 lebih kecil dari nilai ttabel yang telah ditetapkan sebesar 2,021. Sedangkan nilai signifikan 0,116 > 0,05. Selain itu, diketahui persamaan regresi dengan rumus Y = a + bX = 34,614 + 0,040X. Dengan demikian, dapat dinyatakan tidak terdapat hubungan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Adapun besarnya hubungan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa adalah 0,003 atau 3% dan sisanya 97% dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran Alkarim. Departemen Agama RI. Toha Putra

Ahmadi, Abu. (2011). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

AM, Sadirman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Barnabib, Sutari Imam. (2010). Pengantar Sistem Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan-IKIP.

Bungin, Burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana Perdana Media.

Dakir. (2000). Dasar-Dasar Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiah. (2010). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Gerungan, W.A. (1999). Psikologi Sosial, Bandung: Eresco, Bandung.

Hamalik,Oemar. (2000). Psikologi BelajarMengajar, Bandung: Sinar Baru.

(1993). Dasar-Dasar Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamizi, Zainuddin. (2006). Shohih Bukhori, Jakarta: Widjaya, Jakarta.

Mahmud, Dimyati. (1992). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan, Yogyakarta: FIPIKIP.

McGhie, Andrew. (2012). Penerapan Psikologi Dalam Perawatan, Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica.

Ridwan, dkk. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika,Bandung: alfabeta.

Soertanto,Wasdi. (1990). Psikologi pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R dan D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarno, Wiji. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakrta: Ar-ruzz Media.

Umar, Husain. (2001). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.