PENGUATAN TOLERANSI SANTRI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Abstract
Pendidikan multikultural telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari para siswa di Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Putra Al-Amien Prenduan. Para siswa hidup dalam lingkungan multikultural yang ditunjukkan melalui interaksi dan penataan kamar yang tidak didasarkan pada asal daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam dalam konteks nyata, tanpa menggunakan statistik. Dengan pendekatan lapangan, peneliti terlibat langsung dalam mengamati praktik pendidikan multikultural yang ada. Dalam proses ini, strategi analisis-implementasi diterapkan untuk memberikan deskripsi objektif tentang kondisi saat ini, terutama dalam upaya melestarikan nilai-nilai religius. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan multikultural sebagai sarana untuk membangun toleransi di kalangan santri. Pendekatan ini sejalan dengan filosofi pondok, yang mengedepankan panca jiwa pondok sebagai landasan pembentukan karakter. Menurut pimpinan TMI, pendidikan multikultural dipandang sebagai komponen penting yang diterapkan secara struktural dan bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan pondok. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan multikultural di TMI Putra Al-Amien Prenduan telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam membangun kesadaran akan pentingnya toleransi dan keberagaman.
Kata kunci: Pendidikan Multikultural; Santri; Toleransi
Full Text:
PDFReferences
Abda Roby,. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, Di Depan Kantor Meeting Hal.
Abdul Mun’im, M. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Pusdilam.
Abdullah Azzam,. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, di depan kantor Meeting Hal.
Ahmad Tijani Syadzili. (2023). Hasil Wawancara 14 Agustustus 2023, Di Depan Kantor Aliyah Putra, Jam 09:17 WIB.
Arzya Rachmat Maulana,. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, Di Depan Kator Meeting Hal.
Elihami, E., & Abdullah Syahid. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. STKIP Muhammadiyah Enrekang, Indonesia.
Fikri Haikal, Hasil. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, Di Depan Kantor meeting hal.
Fitria, N. A. (2023). Kebijakan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren. 1(2).
Hasil Observasi lokasi Kamar Aktivitas Santri Di Kelas. (2023).
Jalaluddin Alfandani,. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus, Di Depan Meeting Hal.
Lestari, W., Hasibuan, V. U., & Amir, S. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al-Hidayah.
Mahfuds, Y., & Husna, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 227–238. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4862
Muhammad Hamzah Arsya. (2023). Hasil Wawancara, 15 Agustus 2023, Di Kantor LPM, Jam 08:02.
Muhammad Zahid,. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, Di Depan Kantor Meeting Hal.
Nabhan Nawwafi Nabil. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus, Di Depan Kantor Meeting Hal.
Noufal Akhdam Aura. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, Di Depan Kantor Meeting Hal.
Nugraha, D., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia.
Ridho Fery Aldika,. (2023). Hasil Wawancara, 16 Agustus 2023, Di Depan Kantor Meeting Hal.
Sadri, & Hatimah. (2006). Pemikiran Tokoh PenbelajaranBerwawasan Kemasyarakatan. Universitas Terbuka.
Suhaimi Zuhri. (2023). Hasil Wawancara, 14 Agustus 2023, Di depan kantor LPM, Jam 10:44.
Sumadi, E., Nisa, F. F., Nufus, I., Yulianto, F. A. F., & Bahruddin, B. (2023). Pendidikan Pesantren Dan Moderasi Beragama. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 249–275. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.249-275
Refbacks
- There are currently no refbacks.