PROSES AWAL, PERKEMBANGAN dan PERTUMBUHAN KEWIRAUSAHAAN

Nazwa Anzani

Abstract


Kewirausahaan merupakan perjalanan  panjang dan kompleks sehingga melibatkan berbagai macam tahapan, tantangan, dan juga pencapaian. Artikel ini mencari keragaman dari aspek-aspek kewirausahaan yang melebihi sekadar pembukaan bisnis. Metode penelitian yang digunakan mungkin melibatkan analisis literatur, studi kasus, dan mungkin juga survei atau wawancara dengan pengusaha dan ahli kewirausahaan. Sebagai fondasi, kewirausahaan juga melibatkan pengembangan konsep yang lebih inovatif dan relevan dengan pasar yang sedang berkembang. Hal Ini merupakan salah satu tahap kunci yang di mana visi, kreativitas, dan pemahaman pasar juga ikut berkontribusi untuk membentuk landasan yang kuat bagi perjalanan dari suatu kewirausahaan, oleh karena itu diperlukannya perencanaan yang strategis dan juga kemampuan untuk mengatasi tantangan yang muncul. Kewirausahaan juga melibatkan proses adaptasi secara terus-menerus terhadap perubahan pasar, teknologi, dan lingkungan bisnis. Dari sebuah Inovasi, fleksibilitas, dan kemampuan untuk belajar dari sebuah kegagalan sehingga menjadi kunci dasar dalam menghadapi dinamika yang tidak terduga dalam perjalanan ini. Artikel ini juga membahas tentang peran pentingnya kewirausahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan nilai bagi masyarakat. Dengan menjadi sumber inovasi, penciptaan lapangan kerja, dan juga meningkatkan daya saing perusahaan. Kewirausahaan ini bukan hanya sekedar menjadi gaya hidup bagi para pengusaha, tetapi juga menjadi kekuatan yang dapat mendorong perubahan positif dalam tatanan bisnis global.

Keywords: Kewirausahaan 1; Perkembangan2;, Bisnis 3.


Full Text:

PDF

References


Achmad Musyadar, S. E., & Gumilar, M. D. I. I. Konsep dan Proses Kewirausahaan.

Hisrich, R., Peters, M., dan Shepherd, D. (2017). Kewirausahaan. McGraw-Hill Education.

Legi, H., & Sos, S. (2023). KEWIRAUSAHAAN. Cendikia Mulia Mandiri.

Mulya, D. N. (2018). Proses Kewirausahaan Mulai Dari Perintisan Sampai Pengembangan Usaha (Studi Kasus Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran, Jawa Tengah) (Doctoral dissertation).

Rachmat, Z., Baali, Y., Rukmana, A. Y., Wonua, A. R., Sudirjo, F., Handiman, U. T., ... & Irawan, I. A. (2023). Pengembangan Kewirausahaan.

Rahmah, A. H., Yakob, A., Alfiyani, L., Putri, W. K., Fatimah, N., Khuzaimah, I. S., ... & Permanasari, D. (2023). Kewirausahaan. Yayasan DPI.

Rizky, F. A., Sentosa, E., & Nursina, N. (2023). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kualitas produk, dan keterampilan wirausaha terhadap keberhasilan pedagang cabai pd jaya pasar induk kramatjati jakarta timur. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(2), 182-190.

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.

Setyaningrum, R. P., SE, M., Titik Purwati, M. M., Novi Fitria, H., & SKM, M. (2024). Kewirausahaan: Teori, Proses, dan Implementasinya. PT KIMHSAFI ALUNG CIPTA.

Sumaizar, S., Sinaga, N. A., & Parapat, E. P. S. (2023). MODEL STRATEGI START-UP BUSINESS SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI POTENSI EKONOMI DESA WISATA DALAM MENDUKUNG DIGITAL ECONOMY NASIONAL PADA KEWIRAUSAHAAN DI KABUPATEN SAMOSIR. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 6(2), 1-8.

Tarigan, W. J., Mariani Alimuddin, S. E., Poddala, P., Ak, S., Fadly, H., S ST, M. M., ... & MM, M. (2024). KEWIRAUSAHAAN. Cendikia Mulia Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.