PERAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTS TMI PUTRA AL-AMIEN PRENDUAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bogdan, R., & Taylor, J. S. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakary.
Elly, R. (2017). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V DI SD NEGERI 10 Banda Aceh. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 3(2).
Fatoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi. PT. Rinekha Cipta.
Haniya. (2016). Pengelolaan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Putri Al-Amien Prenduan Sumenep Madura [Tesis]. UIN Sunan Kalijaga.
Hurlock, E. (1993). Perkembangan Anak. Erlangga.
Ilahi, R. (2023). Faktor Pendukung Semangat Guru [Wawancara].
Jauhari, KH. M. I. (2021). TMI Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah, Apa, Siapa, Mana, Kapan, Bagaimana, dan Mengapa? (ketujuh). Mutiara Press.
Khattab, S. (2023a). Faktor Pendukung Konsisten Guru Mengajar [Wawancara].
Khattab, S. (2023b). Faktor Penghambat Pembelajaran [Wawancara].
Khattab, S. (2023c). Program Monitoring Supervisor Mingguan
[Wawancara].
Masaong, Abd. K. (2012). Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru. Alfabeta.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda.
Mun’im, M. A. (2021). Metodologi Penelitian Untuk Pemula. PUSDILAM.
Nasrun. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2).
Nurwahyudin, N., & Supriyanto, S. (2021). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Santri. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1).
Sari, W. A. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen, 3(1).
Syahreza, K. (2010). Upervisi Akademik Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Sosiologi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 4(1).
Syamhadi, Moh. (2023a). Faktor Penghambat Pembelajaran [Wawancara].
Syamhadi, Moh. (2023b). Supervisi Akademik dengan Profesionalisme Guru Bahasa Arab [Wawancara].
Wahyu, V. M. (2019). Penerapan Reward dan Punishment Sebagai Strategi Pembinaan Disiplin Santri Kelas XII di Pondok Pesantern DAARUL RAHMAN Jakarta [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.