Multicultural Harmony In Islamic Education: Uncovering The Essence Of Implementation In Education

Putri Ayu Sulistyaningrum, Rizal Akbar Prasetya, Muhammad Miftah, Eka Wulandari, Safrita Aryana Harfah

Abstract


Keberagaman budaya, agama, dan latar belakang sosial yang semakin kompleks dalam masyarakat modern semakin mendesak pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan toleran. Dalam upaya memahami hakikat kerukunan multikultural dalam pendidikan Islam, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep-konsep tersebut serta memaparkan hasil analisis hakikat dan praktik pendidikan multikultural dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan agama Islam. Melalui metode kualitatif deskriptif eksploratif yang digunakan dalam menulis, mengkaji beberapa literatur perpustakaan (library search). Penelitian ini juga mengkaji dampak positif yang dihasilkan melalui pendekatan inklusif terhadap pengembangan karakter siswa, pemahaman keagamaan, dan kesejahteraan sosial, dengan ketertarikan lebih dalam esensi dan praktik terbaik keharmonisan multikultural dalam pendidikan Islam, penelitian ini memberikan kontribusi pada akademi sastra tentang Pendidikan Islam dan multikulturalisme, serta bertujuan pada upaya mewujudkan masyarakat yang lebih inklusif dan toleran

Full Text:

PDF

References


Ali, N. D. (2015). Tantangan Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Menerapkan Konsep Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam.

Ali, N., & Noor, S. (2019). Pendidikan Islam Multikultur: Relevansi, Tantangan, dan Peluang. Jurnal Hadratul Madaniyah.

Alfindo, A. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Masyarakat. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 242-251.

Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., W, R. P., Shodiq, L. J., & Ridho’i, M. (t.t.). METODE PENELITIAN KUALITATIF: Persperktif bidang ilmu Sosial. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Aras, I. N. (2018). Penerapan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu Sengkang Kabupaten Wajo. Inspiratif Pendidikan.

Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam.

Chaerul, Wahidin., (1999). Pembaruan Pendidikan Islam. Disertasi, tidak diterbitkan. UIN Jakarta.

CLA, D. K., S. H,. M. H. (2021). PENELITIAN DI BIDANG ILMU HUKUM (Sebuah Pemahaman Awal). Formaci.

Erry, S. H. (2023). Nilai-NIlai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 9-13 (Studi Analisis Pendekatan Hermeneutika Hans-Georg Gadamer) (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Faoziah, N. (2016). Peran dan Tantangan Pengembangan Pendidikan Islam Berwawasan M ultikultural di Pesantren Sunan Pandanaran. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 1(2).

Handoko, S. B., Sumarna, C., & Rozak, A. (2022). Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10233

Hikmat*, R., Kustoro, K., Jamali, M., & Fatimah, S. (2023). Implementasi Pendidikan Islam Multikultural di Dunia Pendidikan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26449

HummelstedtA, Ida P., B. G. I. M. (2021). Keberagaman sebagai kenormalan baru dan konstruksi yang terus-menerus dari para imigran e Wacana pendidikan multikultural di kalangan pendidik guru. Pengajaran Dan Pendidikan Guru.

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin.

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN | Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (n.d.). Retrieved September 19, 2023, from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3811

Jayadi, K., Abduh, A., & Basri, M. (2022). A meta-analysis of multicultural education paradigm in Indonesia. Heliyon, 8(1), 2. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08828

Khofifatun'Ainiyah, K., Rifqi Muntaqo, R. M., ALAWIYAH, L., & PD, M. NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Al-Qur'an Surat Ar-Rum Ayat 22). Repository FITK UNSIQ.

Mahmudah, M., Siregar, M., & Putra, W. H. (2023). Modernization of Islam and Language Education in the Society 5.0 Era in the Perspective of Harun Nasution. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(3), 30–43. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i3.3455

Miftah, M. (2016). Multicultural Education in the Diversity of National Cultures. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 4(2), 167. https://doi.org/10.21043/qijis.v4i2.1766

Mustafida, F. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Nikmah, C., & Fauzi, A. (2023, May). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaan Sejarah Kebudayaan Islam Prespektif Skinner. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE) (Vol. 2, pp. 197-208).

Nilawati, I., Sahudi, S., Ruswandi, U., & Erihardiana, M. (2021). Penerapan Pendidikan Multikultural. Jambura Journal of Educational Management, 1–14. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.567

Rif'an, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Suparman, H. (2017). Multikultural dalam Perspektif Alquran. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 1, 185. https://doi.org/10.29240/alquds.v1i2.250

Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), Article 1.

Ulya, I. (2016). Pendidikan Islam multikultural sebagai resolusi konflik agama di Indonesia. Fikrah.

Umar Suryadi Bakri. (2020). Multikulturalisme & Politik Identitas (1 ed.). PT Raja Grafindo Perkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.