Penerapan Penilaian Autentik Assessment Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sma Negeri Se-Kota Makassar

Baharuddin Baharuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang dikembangkan dengan menerapkan metode penelitian kualitatif, yang diharapkan dapat memperoleh data yang akurat mengenai problematika penerapan penilaian autentik assessment dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-kota Makassar. Metode penelitian yang diterapkan dalam memilih sampel menggunakan metode secara purposif sampling. Teknik pengumpulan yang data digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi pencatatan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) problematika yang dihadapi oleh guru ekonomi dalam pembelajaran ekonomi sehubungan dengan penerapan penilaian autentik assessment penilaian portofolio di SMA se kota Makassar antara lain adalah dana yang terbatas, kemampuan guru yang belum merata dalam penerapan penilaian portofolio, wawasan guru yang belum merata dalam mengembangkan penilaian portofolio, tuntutan guru untuk bekerja di luar jam pelajaran semakin banyak sehingga sulit untuk merancang penilaian portofolio, dan terbatasnya waktu yang tersedia dalam menyusun penilaian portofolio; (2) Problematika yang dihadapi oleh siswa SMA Negeri se-kota Makassar dalam pembelajaran ekonomi sehubungan dengan penerapan penilaian autentik assessment penilaian portofolio antara lain adalah, kendala dalam pemberian tugas kelompok kendala dalam pemberian tugas secara individu dan kendala bagi siswa yang tidak aktif.

Kata kunci: autentik assessment; pembelajaran ekonomi; penilaian portofolio

Full Text:

PDF

References


Bahri, DS. (1996). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung: Grasindo

Depdikbud. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. III. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mujiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud

Fajar, A. (2004). Portofolio Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mangkoesapoetra. (2004). Model Pembelajaran Portofolio, Sebuah Tinjauan Kritis (online: http://www.artikel.us/art05-17.html), diakses 22 Juni 2005

Miles, M. dan Huberman, AM. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerjemah: Tjetjep Rohendi R. Jakarta: UI Press

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004: Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Graznido

Rusony, E. (2001). Portofolio dan Paradigma Baru Dalam Penilaian Matematika (online: http://depdiknas.go.id), diakses 30 Desember 2003.

Salam, S. (2001). Penilaian Portofolio Dalam Pendidikan Seni Rupa, Landasan dan Model. (online: http depdiknas.go.id), diakses 30 Desember 2003

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Usman. (2003). Portofolio Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia, Landasan dan Model. Bahan Kuliah tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.