HUBUNGAN YAHUDI DAN ISLAM DALAM LINTASAN SEJARAH

Nur Fadilah Amin, Susmihara Susmihara

Abstract


Tulisan ini membahas tentang bagaimana sejarah bangsa Yahudi dan bagaimana hubungan Islam dan Yahudi dalam lintasan sejarah. metode yang digunakan yaitu studi dokumenter dan analisis dokumen untuk mendapatkan data yang diinginkan. Hasil dari tulisan ini menunjukkan bahwa 1) Bangsa Yahudi berasal dari nama salah seorang anak Ya’kub yakni Yahuda (Yehuda). Dalam sejarah perjalannya, kaum Yahudi bekembang pesat di Israel. Setelah sebelumnya mengalami berbagai lika-liku kehidupan yang tidak berjalan baik. Mengalami kekerasan, penindasan dan tekanan. Mulai abad ke-7 SM, kerajaan mereka secara berturut-turut mendapat serangan dari Persia (Iran), Macedonia, Assyiria, dan Babilonia. Bangsa Yahudi berhasil melewati itu semua hingga akhirnya sampai pada bangsa yahudi pada hari ini. 2) Hubungan Islam dan Yahudi dalam sejarah dapat dilihat pada nasab dan keturunannya yaitu merupakan generasi dari Nabi Ibrahim AS, selain itu dari hubungan sosial yang terjadi antara keduanya sangat baik, dapat dilihat pada kehidupan yang sangat baik di Madinah, dimana kaum muhajirin, kaum anshor dan kaum yahudi hidup berdampingan dengan baik dibaah kepemimpinan rasulullah SAW. Timbulnya sikap antipati orang-orang Yahudi terhadap umat Islam terutama pada masa Rasulullah saw lebih banyak disebabkan oleh faktor ekonomi dan politik dibandingkan dengan faktor agama. Terbukti bahwa pada awal kedatangan Islam di Madinah, mereka tidak memperlihatkan permusuhan terhadap umat Islam. mereka mengadakan pertemuan yang intensif antara keduanya (Yahudi dan Rasul) dalam menyelesaikan persoalam-persoalan yang ada pada mereka


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Z. (2009). Hubungan Islam Dan Yahudi Dalam Konteks Pluralisme Agama. 1(1), 1–13.

Amri, M. (2018). Sejarah, Teologi, dan Kebudayaan Yahudi.pdf (p. 134).

Gunawan, A. (2010). Messianik Yahudi : Juru Selamat Yahudi dalam Telaah Psikoanalisa Erich Fromm.

Haris, M. (2016). Sejarah hubungan yahudi dan islam. Tasamuh, 8(1), 108–115.

Khotimah, T. (2012). Agama Katolik dan Yahudi. 264.

NAFIS, M. C. (2003). Piagam Madinah Dan Deklarasi Ham Studi Historis Dan Konseptual Atas Nilai-Nilai Pluralisme Beragama. 1–154.

Rukmini, S. (2017). Hubungan Yahudi Dan Islam. Jurnal Al Hikmah, XVIII(1), 74–87.

Nurdi, H. (2007). Belajar Islam dari Yahudi. Cakrawala Pub..

As-Sirjani, R. (2011). Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia. Pustaka Al Kautsar.

Herdyansyah, F. (2018). Karakter Yahudi dalam Alquran: Sebuah kajian tafsir Maudhu'i (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Said, R. A. R. (2019). Hubungan Islam dan Yahudi dalam Lintasan Sejarah. AL ASAS, 2(1), 25-39.

Irfanullah, G. (2017). Hubungan Harmonis antara Muslim dan Yahudi sejak Masa Kenabian sampai Masa Umayyah di Al-Andalus. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 63-78.

Halim, I. A. (2017). Agama Yahudi sebagai Fakta Sejarah dan Sosial Keagamaan. Religious: Jurnal Agama Dan Lintas Budaya, 1(2), 135-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.