Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Hasil Belajar Siswa Kelas I UPT SD Negeri 28 Tumampua II Melalui Pendekatan Reward dan Punishment
DOI:
https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10702Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan reward dan punishment. Reward dan punishment merupakan salah satu strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bentuk penguatan positif yang bersumber dari teori behavioristik. Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan atau pengalaman yang diperolehnya. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 28 Tumampua II tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilaksanakan dua kali tes yaitu tes siklus I dan tes siklus II, hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa meningkat, dengan kondisi awal 63% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 90% pada siklus 2 sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Pemberian Reward dan Punishment dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Pemberian Reward dan Punishment siswa terlibat secara aktif, termotivasi serta tidak jenuh dalam proses pembelajaran dan suasana kelas menjadi efektif serta menyenangkan.Referensi
Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Budi Rahman, Haryanto. (2014). Peningkatan
Keterampilan Membaca Permulaan
Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas
SDN Bajayau Tengah 2: Jurnal Prima
Edukasia, Vol. 2 No. 2.
Budiasih dan Darmiyati Zuchdi. (2012).
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di
Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Depdiknas. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Harianto , Erwin. (2020). Keterampilan Membaca
dalam Pembelajaran Bahasa. Vol. 9, No.
Jurnal didaktika. Akses 18 maret 2022.
Istanto, Budi. (2014). Peningkatan Keterampilan
Membaca Permulaan Dengan Menggunakan
Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1
Padeyan Jatinom Klaten. Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahim Farida. (2013). Dasar Pengajaran
Membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman Arief S. (2010) . Media Pendidikan.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sulkipli. 2018. http://repositori.uinalauddin.ac.id/11844/1/Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar-Peserta Didik Melalui
Pemberian Reward and Punishment pada
Siswa Kelas XI Negeri 14 Sinjai.pdf.
Juliawanti. Linda. 2021. URL :
https://lifepal.co.id/media/reward-adalah/
Soim. Ibnu. Muhammad. 2012. http://ibnusoim.blogspot.com/2012/06/hadiah-rewarddan-hukuman-punishment.html
Elisa. Edi. 2021. Pengertian Pembelajaran.
URL :
https://educhannel.id/blog/artikel/peng
ertian-pembelajran.html