UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTSN 2 TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10712Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi taat dan taubat pada kelas VIII di MTsN 2 Tana Toraja melalui metode simulasi.Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Tana Jl. Poros Makassar-Tator Kel. Salubarani Kec. Gandangbatu Silllanan Kab.Tana Toraja Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul didalam kelas.Penelitian ini menerapkan metode simulasi. Metode simulasi digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aqidah akhlak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak melalui penerapan metode simulasi mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus atau pertemuan yang telah dilaksanakan.References
Abu Ahmadi, Abu. 2005. Strategi
Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia
Ahmadi, Iif Khoiru dkk.
Strategi
Pembelajaran
Berorientasi KTSP.
Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2009.
Metode Penelitian.
Bandung: Ghalia Indonesia
Armai Arief, Armai. 2002.
Pengantar Ilmu Dan
Metodologi Pendidikan
Islam. Jakarta: Ciputat
Pers
Daradjat, Zakiah dkk. 1996. Ilmu
Pendidikan Islam. Jakarta:
Bumi Aksara Daryanto.
Evaluasi
Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri., Aswan
Zain, 2010. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011.
Psikologi Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta Hamalik,
Oemar. 2006. Proses
Belajar Mengajar.
Bandung: Bumi Aksara.
Hasibuan, J. J. 2010. Proses
Belajar Mengajar.
Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya Ilyas,
Yunahar. 1995. Kuliah
Aqidah Islam.
Yogyakarta: Lembaga
Pengkajian dan
Pengamalan Islam.
Moleong, Lexy J. 2005.
Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2007. Kawasan dan
Wawasan Studi Islam.
Jakarta: KencanaNazir,
Moh. 2009. Metode
Penelitian. Bandung:
Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim. 1996.
Psikologi Pendidikan.
Jakarta: PT. Remaja Rosda
Karya Peraturan
Perundang-undangan RI
No. 20 Tahun 2003.
Sistem Pendidikan
Nasional . Jakarta: BP.
Panca Usaha Putri.
Rusman. 2011. Model-model
Pembelajaran
Mengembangkan
Profesionalisme Guru.
Jakarta: Rajawaali Pers.
Sabri, Alisuf M. 2007.
Psikologi Pendidikan
Berdasarkan Kurikulum
Nasional. Jakarta:
Pedoman Ilmu Jaya.
Sanjaya,Wina. 2008. Strategi
Pembelajaran
Berorientasi Standar
ProsesPendidikan,
(Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun Revisi Pedoman
Penulisan Skripsi Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan (FITK).
Pedoman Penulisan
Skripsi. Jakarta: Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan.