PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SPF SD INPRES MINASA UPA KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10709Abstract
Masalah utama dalam penelitian yaitu bagaimana gambaran metode pembelajaran Complete Sentence terhadap keterampilan menulis kalimat padamata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Minasa Upa Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran metode pembelajaran Complete Sentence terhadap keterampilan menulis kalimat padamata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Minasa Upa Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Pre Experimental Design) dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas III UPT SPF SD Inpres Minasa Upa Kota Makassar, sampel diambil dengan semua murid kelas III yang berjumlah 16 orang. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa pengaruh hasil belajar murid yang dilaksanakan sebelum menggunakan media gambar tergolong rendah yaitu nilai rata-rata hasil pretest 61,87. Selanjutnya nilai rata-rata hasil posttest adalah 83,75. Jadi hasil belajar setelah menggunakan perlakuan lebih baik dari pada sebelum menggunakan perlakuan. Selain itu presentase kategori hasil belajar murid juga meningkat yang mana murid tergolong sangat rendah 0%, rendah 0%, sedang 18,75%, tinggi 75%, sangat tinggi 6,25%References
Hertanty, A., Sumiati, T., & Wulan, N. S.
(2021). Pengaruh Metode
Cooperative Learning Tipe
Concept Sentence terhadap
Keterampilan Menulis Karangan
Deskripsi Siswa Sekolah Dasar.
In Renjana Pendidikan:
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Dasar.
Huda Miftahul. (2014). Metode-metode
Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017).
Belajar dan pembelajaran.
Fitrah: JurnalKajian Ilmu-Ilmu
Keislaman.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yulianti, Y., Halidjah, S., & Marli, S.
Pengaruh metode
concept sentence terhadap
keterampilan menulis
karangan deskripsi berbantuan
gambar di sekolah dasar.
Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Khatulistiwa