MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SENSE OF HUMOR BERBASIS EDUKATIF PADA KELAS IX.G SMPN 1 BONTONOMPO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Metode Sense Of Humor terhadap sikap peserta didik kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo dan pengaruh pendekatan Metode sense of Humor terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas yang berlokasi di SMPN 1 Bontonompo. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I yang tuntas belajar dari 26 siswa terdapat 19 orang atau 73,03% dengan nilai rata-rata 64,23. Secara klasikal belum terpenuhi karena siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masih kurang dari 75%. Pada Siklus II yang tuntas belajar dari 26 siswa terdapat 20 orang atau 76,92% dengan nilai rata-rata 78,46. Secara klasikal sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu melebihi dari 75%. Persentase rata-rata siswa yang melakukan tindakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada setiap indikator ativitas meningkat dari Siklus I ke siklus II sedangkan rata-rata siswa yang melakukan aktivitas tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran menurun dari Siklus I ke Siklus II. Respon siswa pada umumnya positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika siswa Kelas IX.GSMPN 1 Bontonompo melalui metode sense of humor mengalami peningkatan.
Key Word : Hasil Belajar, Metode dan Sense Of Humor
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afatih.2005,https://afatih.wordpress.com/2005/10/12/perlunya-sense-of-humor-dalam- kehidupan-kita/. Dipetik Maret 15, 2015, dari wordpress: https://afatih.wordpress.com/2005/10/12/perlunya-sense-of-humor- dalamkehidupan-kita
Kristiandi. (2009). Hubungan Persepsi Sense of Humor Terhadap Motivasi Belajar Siswa. , Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sumetera Utara.
Rahaju, H. d. (2013). Indonesian Psychological Journal. Peran Sense of Humor Pada Dampak Negative Kerja.
Rionaldo. (2011, Februari). Dunia Humor. Retrieved Maret 3, 2015, fromwordpress:http://xhumorx.wordpress.com/2011
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Zulkarnain. (2009). Sense of Humor dan Kecemasan Menghadapi Ujian Dikalangan Maha siswa. Majalah Kedokter an Nusantara
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v3i1.984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats