Development of 3S Cultural Webtoon Media (Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’) as an Effort to Prevent Bullying Among Makassar City High School Students
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Apriliyani, N. E. (2020). Kontribusi Self
Esteem dan Kepercayaan Diri
terhadap Perilaku Bullying
Dikalangan Siswa Kelas VII di SMP
Negeri 14 Banjarmasin. Jurnal
Pelayanan Bimbingan Dan
Konseling, 2(4).
Apsari, F., & Prihartanti, N. (2013).
Hubungan antara harga diri dan
disiplin sekolah dengan perilaku
bullying pada remaja. Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Argiati, S. H. B. (2010). Pengembangan
Model Penanganan Tindak
Bullyingpada Siswa SMA/SMK
Kota Yogyakarta, Penelitian.
Yogyakarta: Fakultas Psikologi UST.
https://doi.org/10.30738/spirits.v2i2.
Cahyawulan, W., Hanim, W., & Herdi, H.
(2014). Pengaruh penggunaan media
komik dalam layanan informasi karir
untuk meningkatkan kematangan
karir: Studi kuasi eksperimen
terhadap peserta didik kelas VIII di
SMP Labschool Jakarta. INSIGHT:
Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2),
–149.
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.0
25
CENDIKIA, Z. A. H. (2020). Pengaruh
Penggunaan Media Komik “Isi
Piringku” Sebagai Media Edukasi
Terhadap Pengetahuan Dan Sikap
Tentang Isi Piringku Pada Siswa
Sekolah Dasar. Poltekkes Kemenkes
Yogyakarta.
http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/
P-ISSN 2355-
E-ISSN 2722-
Jurnal PENA
Volume 10|Nomor (1)| ( PAGE 103-118)
eprint/3362
Hakim, N., & Anugrahwati, R. (2017).
Efektivitas Komik Terhadap Self
Efficacy Upaya Pencegahan
Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah.
Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan,
(3), 359–368.
https://doi.org/10.33366/jc.v5i3.704
Hasrullah, H., Islam, U., & Alauddin, N.
(2019). Keluarga Sipaka : Boneka
Berkearifan Lokal Bugis / Makassar
Dengan Kantong Ajaib Sebagai
Model Pengembangan Karakter 3s (
Sipakainge ’, Sipakatau , Dan
Sipakalebbi ) Pada Pembelajaran.
March.
Kementerian Pendidikan, B. P. K. (2017).
Penguatan metodologi pembelajaran
berdasarkan nilai-nilai budaya untuk
membentuk daya saing dan karakter
bangsa. Kemendiknas. BPPPK.
Jakarta.
Khairina, A. (2018). Pengaruh aplikasi
Line Webtoon terhadap minat remaja
membaca komik digital. Bandar
Lampung.
Khotimah, K. (2013). Pengamalan Nilai
Sipakatau, Sipakalibbi, Sipakainge,
di Lingkungan Forum Komunikasi
Mahasiswa Bone-Yogyakarta.
THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa,
Peradaban Dan Informasi Islam,
(2), 202–229.
Kundre, R., & Rompas, S. (2018).
Hubungan bullying dengan
kepercayaan diri pada remaja di SMP
Negeri 10 Manado. Jurnal
Keperawatan, 6(1).
https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.25
Kusumarani, A., Noviardhi, A., &
Susiloretni, K. A. (2018). Pengaruh
media komik terhadap pengetahuan
dan sikap tentang sayur dan buah di
SD Aisyiyah dan SDN Kalicilik 2
Demak. Jurnal Riset Gizi, 6(2), 124–
https://doi.org/10.31983/jrg.v6i2.431
Latief, F. (2020). Nilai Budaya Sirina
Pesse Pada Pola Asuh Masyarakat
Bugis Makassar. Indonesian
Parenting, 59.
Made, M. R. (2017). Internalisasi Budaya
Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi,
dan Pammali pada Kegiatan
Operasional Perusahaan dalam
Upaya Peningkatan Efektifitas
Sistem Pengendalian Internal (Studi
pada PT. Hadji Kalla). Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar.
http://repositori.uinalauddin.ac.id/id/eprint/3412
Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri
Kartikasari, H. S. (2017).
Pembelajaran literasi berbasis
sastra lokal. Cv. Ae Media Grafika.
Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R.
(2017). Bullying verbal
menyebabkan depresi remaja SMA
Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran
Masyarakat, 33(1), 43–48.
https://doi.org/10.22146/bkm.8183
Maulana Ichsan Kurniawan, Dini
Rakhmawati, P. D. Y. (2022).
Pengembangan Komik Digital Untuk
Mencegah Bullying Pada Siswa
Kelas VII. 8(1), 6–30.
https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.80
Nurhidayatullah Dahlan, E. (2018).
Penerapan Assertive Training Untuk
Meningkatkan Keterbukaandiri (Self
Disclosure) Korban Perilaku
Bullying Verbal Siswa Di SMA
Negeri 16 Makassar.
OECDilibrary. (2018). Chapter Bullying.
OECDilibrary.
https://www.oecd.org/pisa/publicatio
ns/pisa-2018-results.htm
Oktavia, D. K., Hilali, H. el, & della Yusra,
A. (2021). Pengaruh Pemberian Kuis
Terprogram Dalam Pembelajaran
Matematika Terhadap Keterampilan
Matematika Siswa Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Muhammadiyah
Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha
Saifuddin Jambi.
http://repository.uinjambi.ac.id/id/ep
rint/8844
Putri, D. M., & Lubis, E. E. (2018).
Pengaruh media sosial line webtoon
terhadap minat membaca komik pada
mahasiswa universitas riau. Riau
University.
Rosari, V. (2018). Pengembangan Media
Pembelajaran E-Comic Pada Materi
Sistem Pencernaan Manusia Untuk
P-ISSN 2355-
E-ISSN 2722-
Jurnal PENA
Volume 10|Nomor (1)| ( PAGE 103-118)
Siswa Kelas VIII SMP.
Salik, Y. (2020). Model Pendidikan
Budaya Bugis dalam Penerapan
Nilai-nilai Pluralisme di IAIN
Palopo. Jurnal Penelitian, 14(2),
https://doi.org/10.21043/jp.v14i2
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018).
Fenomena bullying siswa: Studi
tentang motif perilaku bullying siswa
di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera
Barat. Ijtimaiyya: Jurnal
Pengembangan Masyarakat Islam,
(2), 333–367.
https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.
Seribu Tujuan. (2018). Mengenal Bullying.
Sollaci, L. B., & Pereira, M. G. (2004). The
introduction, methods, results, and
discussion (IMRAD) structure: a
fifty-year survey. Journal of the
Medical Library Association, 92(3),
Syahbani, A. F. A. (2021). Buku Cerita
Bergambar Bermuatan Nilai-nilai
Budaya Bugis (Sipakatau,
Sipakainge’, dan Sipakalebbi) untuk
Anak Jenjang Pra-Sekolah.
UNIVERSITAS HASANUDDIN.
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint
/11824
Syarif, E., Sumarmi, S., Fatchan, A., &
Astina, I. K. (2016). Integrasi nilai
budaya etnis Bugis Makassar dalam
proses pembelajaran sebagai salah
satu strategi menghadapi era
masyarakat ekonomi ASEAN
(MEA). Jurnal Teori Dan Praksis
Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21.
http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i
p013
Umar, N. F., Rafli, M., Dilah, N. J., &
Mentari, N. N. (2022).
Pengembangan U-SHIELD: Aplikasi
Self-Defense Remaja Berbasis
Strategi Komunikasi Asertif
Pencegah Cyberbullying. Indonesian
Journal of Learning Education and
Counseling, 5(1), 35–43.
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I.
(2022). Penerapan Model
Pembelajaran Radec Terhadap
Peningkatan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala
Pendas, 8(1), 47–56.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.19
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso,
M. B. (2017). Faktor yang
mempengaruhi remaja dalam
melakukan bullying. Prosiding
Penelitian Dan Pengabdian Kepada
Masyarakat, 4(2).
https://doi.o
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats