Development of 3S Cultural Webtoon Media (Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’) as an Effort to Prevent Bullying Among Makassar City High School Students

Nurpadhillah Junaid, Fitri Hidayanti, Muhammad Rafli, Arnidah Arnidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai budaya lokal kepada masyarakat dan memanfaatkan budaya populer sebagai media pendidikan anti bullying di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan argumentatif melalui model tinjauan sistematik. Sistematika kajian penelitian dilakukan melalui tahapan sumber data penelitian, waktu publikasi, kriteria inklusi dan eksklusi, dan strategi penelusuran publikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying yang terjadi khususnya di kalangan remaja di Kota Makassar cenderung sering terjadi dan kasusnya terus meningkat. Penerapan budaya Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’ sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar pengasuhan anak di rumah sejak dini. Oleh karena itu, solusi yang tepat melalui pengembangan komik digital memiliki kelebihan dan keunggulan di samping upaya pencegahan bullying yang terintegrasi dengan budaya lokal Bugis Makassar. Penelitian sebelumnya menunjukkan efektivitas komik digital dalam mengubah perilaku dan meningkatkan wawasan nilai-nilai budaya sebagai pembentukan karakter. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjadi alternatif yang komunikatif, menarik dan sesuai dengan permasalahan bullying di kalangan siswa dengan menggunakan media webtoon 3S Culture (Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’)

Full Text:

PDF

References


Apriliyani, N. E. (2020). Kontribusi Self

Esteem dan Kepercayaan Diri

terhadap Perilaku Bullying

Dikalangan Siswa Kelas VII di SMP

Negeri 14 Banjarmasin. Jurnal

Pelayanan Bimbingan Dan

Konseling, 2(4).

Apsari, F., & Prihartanti, N. (2013).

Hubungan antara harga diri dan

disiplin sekolah dengan perilaku

bullying pada remaja. Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Argiati, S. H. B. (2010). Pengembangan

Model Penanganan Tindak

Bullyingpada Siswa SMA/SMK

Kota Yogyakarta, Penelitian.

Yogyakarta: Fakultas Psikologi UST.

https://doi.org/10.30738/spirits.v2i2.

Cahyawulan, W., Hanim, W., & Herdi, H.

(2014). Pengaruh penggunaan media

komik dalam layanan informasi karir

untuk meningkatkan kematangan

karir: Studi kuasi eksperimen

terhadap peserta didik kelas VIII di

SMP Labschool Jakarta. INSIGHT:

Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2),

–149.

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.0

25

CENDIKIA, Z. A. H. (2020). Pengaruh

Penggunaan Media Komik “Isi

Piringku” Sebagai Media Edukasi

Terhadap Pengetahuan Dan Sikap

Tentang Isi Piringku Pada Siswa

Sekolah Dasar. Poltekkes Kemenkes

Yogyakarta.

http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/

P-ISSN 2355-

E-ISSN 2722-

Jurnal PENA

Volume 10|Nomor (1)| ( PAGE 103-118)

eprint/3362

Hakim, N., & Anugrahwati, R. (2017).

Efektivitas Komik Terhadap Self

Efficacy Upaya Pencegahan

Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah.

Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan,

(3), 359–368.

https://doi.org/10.33366/jc.v5i3.704

Hasrullah, H., Islam, U., & Alauddin, N.

(2019). Keluarga Sipaka : Boneka

Berkearifan Lokal Bugis / Makassar

Dengan Kantong Ajaib Sebagai

Model Pengembangan Karakter 3s (

Sipakainge ’, Sipakatau , Dan

Sipakalebbi ) Pada Pembelajaran.

March.

Kementerian Pendidikan, B. P. K. (2017).

Penguatan metodologi pembelajaran

berdasarkan nilai-nilai budaya untuk

membentuk daya saing dan karakter

bangsa. Kemendiknas. BPPPK.

Jakarta.

Khairina, A. (2018). Pengaruh aplikasi

Line Webtoon terhadap minat remaja

membaca komik digital. Bandar

Lampung.

Khotimah, K. (2013). Pengamalan Nilai

Sipakatau, Sipakalibbi, Sipakainge,

di Lingkungan Forum Komunikasi

Mahasiswa Bone-Yogyakarta.

THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa,

Peradaban Dan Informasi Islam,

(2), 202–229.

Kundre, R., & Rompas, S. (2018).

Hubungan bullying dengan

kepercayaan diri pada remaja di SMP

Negeri 10 Manado. Jurnal

Keperawatan, 6(1).

https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.25

Kusumarani, A., Noviardhi, A., &

Susiloretni, K. A. (2018). Pengaruh

media komik terhadap pengetahuan

dan sikap tentang sayur dan buah di

SD Aisyiyah dan SDN Kalicilik 2

Demak. Jurnal Riset Gizi, 6(2), 124–

https://doi.org/10.31983/jrg.v6i2.431

Latief, F. (2020). Nilai Budaya Sirina

Pesse Pada Pola Asuh Masyarakat

Bugis Makassar. Indonesian

Parenting, 59.

Made, M. R. (2017). Internalisasi Budaya

Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi,

dan Pammali pada Kegiatan

Operasional Perusahaan dalam

Upaya Peningkatan Efektifitas

Sistem Pengendalian Internal (Studi

pada PT. Hadji Kalla). Universitas

Islam Negeri Alauddin Makassar.

http://repositori.uinalauddin.ac.id/id/eprint/3412

Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri

Kartikasari, H. S. (2017).

Pembelajaran literasi berbasis

sastra lokal. Cv. Ae Media Grafika.

Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R.

(2017). Bullying verbal

menyebabkan depresi remaja SMA

Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran

Masyarakat, 33(1), 43–48.

https://doi.org/10.22146/bkm.8183

Maulana Ichsan Kurniawan, Dini

Rakhmawati, P. D. Y. (2022).

Pengembangan Komik Digital Untuk

Mencegah Bullying Pada Siswa

Kelas VII. 8(1), 6–30.

https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.80

Nurhidayatullah Dahlan, E. (2018).

Penerapan Assertive Training Untuk

Meningkatkan Keterbukaandiri (Self

Disclosure) Korban Perilaku

Bullying Verbal Siswa Di SMA

Negeri 16 Makassar.

OECDilibrary. (2018). Chapter Bullying.

OECDilibrary.

https://www.oecd.org/pisa/publicatio

ns/pisa-2018-results.htm

Oktavia, D. K., Hilali, H. el, & della Yusra,

A. (2021). Pengaruh Pemberian Kuis

Terprogram Dalam Pembelajaran

Matematika Terhadap Keterampilan

Matematika Siswa Kelas VII Sekolah

Menengah Pertama Muhammadiyah

Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha

Saifuddin Jambi.

http://repository.uinjambi.ac.id/id/ep

rint/8844

Putri, D. M., & Lubis, E. E. (2018).

Pengaruh media sosial line webtoon

terhadap minat membaca komik pada

mahasiswa universitas riau. Riau

University.

Rosari, V. (2018). Pengembangan Media

Pembelajaran E-Comic Pada Materi

Sistem Pencernaan Manusia Untuk

P-ISSN 2355-

E-ISSN 2722-

Jurnal PENA

Volume 10|Nomor (1)| ( PAGE 103-118)

Siswa Kelas VIII SMP.

Salik, Y. (2020). Model Pendidikan

Budaya Bugis dalam Penerapan

Nilai-nilai Pluralisme di IAIN

Palopo. Jurnal Penelitian, 14(2),

https://doi.org/10.21043/jp.v14i2

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018).

Fenomena bullying siswa: Studi

tentang motif perilaku bullying siswa

di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera

Barat. Ijtimaiyya: Jurnal

Pengembangan Masyarakat Islam,

(2), 333–367.

https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.

Seribu Tujuan. (2018). Mengenal Bullying.

Sollaci, L. B., & Pereira, M. G. (2004). The

introduction, methods, results, and

discussion (IMRAD) structure: a

fifty-year survey. Journal of the

Medical Library Association, 92(3),

Syahbani, A. F. A. (2021). Buku Cerita

Bergambar Bermuatan Nilai-nilai

Budaya Bugis (Sipakatau,

Sipakainge’, dan Sipakalebbi) untuk

Anak Jenjang Pra-Sekolah.

UNIVERSITAS HASANUDDIN.

http://repository.unhas.ac.id/id/eprint

/11824

Syarif, E., Sumarmi, S., Fatchan, A., &

Astina, I. K. (2016). Integrasi nilai

budaya etnis Bugis Makassar dalam

proses pembelajaran sebagai salah

satu strategi menghadapi era

masyarakat ekonomi ASEAN

(MEA). Jurnal Teori Dan Praksis

Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21.

http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i

p013

Umar, N. F., Rafli, M., Dilah, N. J., &

Mentari, N. N. (2022).

Pengembangan U-SHIELD: Aplikasi

Self-Defense Remaja Berbasis

Strategi Komunikasi Asertif

Pencegah Cyberbullying. Indonesian

Journal of Learning Education and

Counseling, 5(1), 35–43.

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I.

(2022). Penerapan Model

Pembelajaran Radec Terhadap

Peningkatan Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala

Pendas, 8(1), 47–56.

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.19

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso,

M. B. (2017). Faktor yang

mempengaruhi remaja dalam

melakukan bullying. Prosiding

Penelitian Dan Pengabdian Kepada

Masyarakat, 4(2).

https://doi.o




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats