MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHOW TELL DENGAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MIS MUHAMMADIYAH BUJUNG TANGAYA

Faisal Rifki, Fadil Abid Usmansyah, Muhammad Sabri

Abstract


Penerimaan pembelajaran tematik pada siswa kelas III MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya menunjukkan respon yang rendah terhadap penjelasan, pernyataan dan segala informasi yang disampaikan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajara, siswa bermain saat pembelajaran serta kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti memberikan sebuah solusi untuk memilih dan menggunakan model pembelajaran serta peilihan media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dengan bantuan media poster. Adapun penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berbasis kelas dengan subjek penelitian adlaah siswa kelas III B MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemaparan materi tematik dengan menggunakan model saintifik dapat meningkatkan hasil belajar para siswa. Dari tes yang telah terlaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran saintifik menunjukkan hasil akhir dengan skor rata-rata 96%, dengan skor tertinggi adalah 100 dan skor terendah adalah 70. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa juga bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, 2010.Media Pembelajaran. Bandung:

PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Gunartha, I Wayan. 2007. Diktat Kuliah Evaluasi

Hasil Belajar.

Denpasar: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(IKIP) PGRI Bali.

Kemendikbud.2013. Panduan Teknis Penilaian di

Sekolah Dasar.

Jakarta: Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar.

Kosasih, E. 2014.Strategi Belajar dan

Pembelajaran implementasi Kurikulum

Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta:Rajawali Pers.

-------. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali

Pers.

e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses

Mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Jakarta: Kata Pena.

Prasiwi, Made Sances.2015. Penerapan Pendekatan

Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk

Meningkatkan Keterampilan Berbicara

dalam Bahasa Indonesia dan Kemampuan

Penalaran Tema Cita-citaku Siswa Kelas

IVB SDP Negeri Tulangampiang

Denpasar.Skripsi (tidak diterbitkan).

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiawan, Denny., dkk. 2008. Komputer dan Media

Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Solchan T. W., dkk. 2008. Pendidikan Bahasa

Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Sumayasa, I Nyoman.2015. Pengaruh Implementasi

Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi

dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada

Siswa

Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan

Abang, Karangasem.Tesis (tidak

diterbitkan). Program Studi Pendidikan

Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanti, Ni Luh Desi. 2013. Pengaruh Penerapan

Model Pembelajaran Children Learning In

Science (CLIS) Berbantuan Media Grafis

Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Sekolah Dasar Gugus Srikandi Denpasar

Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi

(tidak diterbitkan). Program Studi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Universitas Pendidikan Ganesha.

Yustiawati, I Dewa Ayu.2015. Penerapan

Pendekatan Saintifik dengan Penilaian

Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan

Berbicara dalam Bahasa Indonesia dan

Kemampuan Berpikir Kreatif Tema Citacitaku Siswa Kelas IVA SDN 1

Ubung.Skripsi (tidak diterbitkan). Program

Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Universitas Pendidikan Ganesha. 9




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats