PEMEROLEHAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN

DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i1.4535

Penulis

  • Neli Faoziyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nuryani Nuryani Nuryani UIN Syaruf Hidayatullah Jakarta

Bahasa Jawa, Pemerolehan Bahasa, Psikolinguistik

Abstrak

Bahasa selalu memiliki hubungan erat dengan budaya. Budaya di Indonesia sangat beragam, demikian juga dengan suku, ras, dan bahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kalimat pada anak usia 2-5 tahun di Desa Wringinjenggot, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara merekam suara subyek penelitian dengan memanfaatkan telephone genggam. Hasil tersebut kemudian ditranskripsi dan dianalisis menggunakan teknik simak dan teknik catat. Subyek dalam penelitian adalah lima orang anak yang berusia 2-5 tahun. Data yang diperoleh dari lingkungan baik keluarga maupun masyarakat di desa yang ada melakukan komunikasi secara langsung. Hasil dari penelitian ini, ditemukan pemerolehan bahasa anak usia 2-5 tahun yang mengacu pada bentuk kalimat yang sudah dikuasainya, diantaranya: 1) anak  mampu memberikan sebuah informasi yang faktual, 2) mampu bertanya mengenai apa, kenapa, di mana, siapa, dan bagaimana dengan baik, 3) mampu mengungkapkan rasa keinginannya kepada orangtua, keluarga, tetangga lingkungan sekitar. Sehingga kesimpulanya adalah bentuk kalimat deklaratif ada dua, bentuk kalimat interogatif ada lima, dan bentuk kalimat imperatif ada dua.

Biografi Penulis

Neli Faoziyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syaruf Hidayatullah Jakarta

Referensi

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (3 ed.). Jakarta: PT Balai Pustaka.

Amaliah, R., Ghazali, A. S., & Hasanah, M. (2015). Proposisi Puisi Karya Anak. 3(1), 60–69.

Candasari, L. A. (2014). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hurlock, E. B. (1967). Adolescent Development. McGraw-Hill Inc.,US.

Muhammad. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Munawaroh. (2012). Kajian Fonologi dan Leksikologi Bahasa Jawa di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.

Nuryani, & Putra, D. A. K. (2013). Psikolinguistik. Ciputat: Mazhab Ciputat.

Putri, K. A. K., Rasna, I. W., & Suwandi, I. N. (2014). Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini di Desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Suardi, I. P., R, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 268–272.

Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. In Hasmawati, Ardi, & Rachmiati (Ed.), Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: UHAMKA Press.

Diterbitkan

2022-08-02

Terbitan

Bagian

Artikel