WANITA MADURA DALAM SAJAK D. ZAWAWI IMRON

Nur Fajar Arief, Akhmad Tabrani, Andi Paida

Abstract


Tujuan penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi wanita dalam Puisi wanita Madura sajak D. Zawawi Imron. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah teks-teks atau kutipan-kutipan yang berkaitan dengan Wanita Madura dalam Sajak D. Zawawi Imron dan Sumber data dalam penelitian ini adalah Sajak D. Zawawi Imron. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yakni tehnik baca, dan catat. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan teori Pierre Bourdieu yakni (1) Reduksi Data, (2) Display data, (3) Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam puisi ini terbaca kekuatan testis dunia. Wanita dalam puisi itu mengira dia tidak berdaya bukan karena dia tidak punya kekuatan, tapi karena dia tidak punya nyali. Ungkapan semacam ini merupakan rangkaian berikutnya dari jaringan patriarki yang sangat dominan di Madura melalui idealisasi model perempuan keibuan, membagi ruang interaksi antara laki-laki dan perempuan, dan melindungi perempuan dengan kekerasan sehingga ruang gerak perempuan Madura menjadi lebih luas. Sastra Madura, khususnya yang ditulis oleh D. Zawawi Imron, merupakan episentrum sastra di Madura, selain karya-karya Abdul Hadi WM, juga sastrawan lainnya. Zawawi selain produktif hingga saat ini juga sering tampil di beberapa acara penting di Madura, Jawa Timur, bahkan di acara nasional, seperti pembacaan puisi, seminar sastra, orasi budaya, sehingga keberadaan penyair "Gelurit Emas" “Hal ini masih diperhitungkan dalam dunia sastra di negeri ini. Banyak karya Zawawi, terutama puisi-puisinya, menggambarkan situasi kedewasaan dan kearifan.

Keywords


Patriarki; Puisi; Wanita Madura.

Full Text:

PDF

References


D. Zawawi Imron. 1996. Bantalku Ombak Selimutku Angin. Cet. ke-1. Yogyakarta: Ittaqa Press.

Faruk. 1999. Hilangnya Pesona Dunia: Siti Nurbaya, Budaya Minang, Struktur Sosial Kolonial. Cet. ke-1. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.

Foucault, Michel. 1997. Disiplin Tubuh Bengkel Individu Modern. Saduran Petrus Sunu Hardiyanta. Cet. ke-1. Yogyakarta: LkiS.

Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto. 1998. Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Cet. ke-1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ingham, Patricia. 1996. The language of Gender and Class; transformation in the Victorian Novel. Cet. ke-1. London: Routledge.

Iser, Wolfgang. 1987. The Act of Reading, A Theory of Aesthetic Response. Cet. ke-4. London: The John Hopkins University Press.

Jefferson, Ann dan David Robey. 1993. Modern Literary Theory: A Comparative Introduction. Cet. ke-11. London: B.T. Batsford Ltd.

Juanda, J., & Amir, J. (2022). Struktur dan Fungsi Retoris Kalimat Teks Eksposisi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Jurnal konfiks, 9(2), 12-23.

Kusmayati, A.M. Hermien. 1999. Seni Pertunjukan Upacara di Pulau Madura 1980-1998. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mills, Sara. 1997. Discourse. London: Routledge.

Moi, Toril. 1993. Feminist Literary Criticism. Dalam Jefferson, Ann dan David Robey. Modern Literary Theory: A Comparative Introduction. Cet. ke-11. London: B.T. basford Ltd.

Nadjib, Emha Ainun. 1998. Demokrasi Tolol Versi Saridin. Cet. ke-1. Yogyakarta: Zaituna.

Najib, Mohammad. 1996. Demokrasi dalam Perspektif Budaya Nusantara. Cet. ke-1. Yogyakarta: LKPSM.

Selden, Raman. 1996. Panduan Pembaca Teori Sastra Masa Kini. Terjemahan Rahmat Djoko Pradopo. Cet. ke-4. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita: Perspektif Sajak-sajak Toety Heraty. Cet. ke-1. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Van Zoest, Aart. 1991. Fiksi dan Non-fiksi dalam Kajian Semiotik. Terjemahan Manoekni. Cet. ke-1. Jakarta: Intermasa.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i2.9878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.