SIKAP BAHASA SANTRI: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Yanti Sariasih, Linda Eka Pradita, Jendriadi Jendriadi, Dedi Febriyanto

Abstract


Pondok Pesantren Darussaadah Bandar Lampung merupakan salah satu pondok pesantren yang memiliki santri dari berbagai latar belakang suku dan bahasa. Setidaknya terdapat empat bahasa yang digunakan oleh para santri dalam komunikasi sehari-hari, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Jawa Banten. Beberapa santri juga menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab. Kondisi kebahasaan yang demikian memungkinkan adanya sikap bahasa berbeda antara bahasa pertama dengan bahasa kedua. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap bahasa santri terhadap bahasa Indonesia dan bahasa daerah ditinjau dari tiga aspek, kognisi, afeksi, dan konasi. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Subjek Penelitian adalah santri Pondok Pesantren Darussaadah Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri Pondok Pesantren Darussaadah Bandar Lampung memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Hal ini dapat dilihat melalui pemerolehan skor rata-rata setiap aspek sikap bahasa. Pemerolehan skor rata-rata sikap bahasa santri terhadap bahasa Indonesia ditinjau dari aspek kognisi adalah sebesar 2,99 yang berarti masuk kategori baik, dari aspek afeksi diperoleh skor rata-rata 2,98, sedangkan dari aspek Konasi diperoleh skor rata-rata 3,28 yang juga masuk dalam kategori baik. Adapun pemerolehan skor rata-rata sikap bahasa santri terhadap bahasa daerah, ditinjau dari aspek kognisi adalah sebesar 2,57, masuk dalam kategori baik, dari aspek afeksi diperoleh skor rata-rata 2, 93, masuk dalam kategori baik, sedangkan dari aspek konasi diperoleh skor rata-rata 2,81, masuk dalam kategori baik.


Keywords


Bahasa Daerah; Bahasa Indonesia; Santri; Sikap Bahasa.

Full Text:

PDF

References


Bhaskar, C. V., & Suondiraraj, S. (2013). A Study on Change in the Attitude of Students towards English Language Learning. English Language Teaching, 6(5), 111-116.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid & Rianayati Kusmini P. 2019. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobara, I., & Ardiyani, D. K. (2013). Sikap Bahasa Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan di jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Bahasa dan Seni. 41(1), 93-105.

Chee, L. K., & Ghazali, K. (2012). “Saya Suka Tapi Tak Bangga” – Satu Kajian Bahasa. GEMA Online™ Journal of Language Studies, 12 (1): 275-293.

Mar' at. (2004). Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Bandung: Ghalin Indonesia.

Mardapi, D. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Natalia, S. H. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Terhadap Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah: Kajian Sosiolinguistik. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Pateda, M. (2015). Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Quinto, E. J. M. (2015). Attitude and Motivation towards a Working Language: Case of East Timorese Students in the Philippines. The Shouthest Asian Journal of English Language Studies, 21(1), 1-12.

Siregar, B. U. et al. (1998). Pemertahanan dan Sikap Bahasa: Kasus Masyarakat Bilingual di Medan. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharso., & Retnoningsih, A. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Wawan, A. Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia: Di Lengkapi Contoh Kuesioner. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. (2010). Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i2.9231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.