VARIASI BAHASA REMAJA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Dimas Pratama, Neli Faoziyah, Agung Siswanto, Hikmawaty Hikmawaty

Abstract


Dalam melakukan interaksi dengan masyarakat tentu dibutuhkan adanya bahasa, bahasa dapat bersifat sangat penting bagi manusia karena dapat menghubungkan suatu interaksi sosial antara satu dengan lainnya. Untuk mendeskripsikan variasi bahasa yang dilakukan oleh remaja dalam penggunaan media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menganalisis penelitian berupa kata-kata. Dimana data-datanya diperoleh, penyalinan data survei, pengambilan sampel, dianalisis, dideskripsikan, dan diklasifikasikan berdasarkan hasil survei. Hasil penelitian menunjukkan adanya 119 responden dengan 50 temuan variasi bahasa yang diklasifikasikan dalam tingkat bahasa. Dari variasi bahasa yang diteliti, dapat disimpulkan bahwa variasi bahasa adalah suatu bentuk perubahan atupun penambahan bahasa yang dijadikan sebagai bahasa yang khas, salah satunya adalah remaja yang menggunakan variasi bahasa dalam penggunaan media sosial Instagram. Dalam penelitian ini terdapa 5 pertanyaan yang diajukan peneliti kepada responden, jika disimpulkan jawaban para responden tertarik menggunakan variasi bahasa seperti dalam tabel 1. Dalam penelitian ini juga didapat 50 variasi bahasa yang digunakan para remaja dalam media sosial Instagram, antara lain: 7 singkatan yang berasal dari bahasa Inggris,18 berupa bahasa Inggris tanpa singkatan, 21 berupa bahasa yang sering dijumpai di tongkrongan, 4 berupa umpatan.


Keywords


Instagram; Remaja; Variasi Bahasa.

Full Text:

PDF

References


Adam, A., Studi, P., Sekolah, P., Makassar, U. M., & Dasar, S. (2019). Penggunaan Media You Tube Berseri Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Di Sekolah Dasar. 6.

Atmawati, D. (2016). Penggunaan Bahasa Pada Media Sosial (the Use of Language in Social Media). International Seminar Prasasti III: Current Research In Linguistics, 212–217.

Crystal, D. (2006). Language and Internet. Cambridge University Press.

Ellysa. (2017). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. In Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Mauliana, H., & Sumarni. (2015). ANALISIS NILAI MORAL BAHASA GAUL (ALAY) TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA PADA MEDIA SOSIAL Andi Syamsul Alam 1 Sumarni 2. 69–83.

Mukhsin, R., Mappigau, P., & Tenriawaru, A. N. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Analisis, 6(2), 188–193.

Nuryani, Isnaniah, S., & Eliya, I. (2021). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural : Teori dan Praktik Penelitian. IN MEDIA.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i1.5455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.