Analisis Prinsip Kerja Sama dalam Acara Talk Show Kick Andy Episode "Petani Itu Keren"

Eris Septiani

Abstract


Tujuan tulisan ini akan mengulas mengenai prinsip kerja sama yang terdapat dalam acara Kick Andy episode dengan tema Petani itu Keren. Analisis ini akan menunjukkan tuturan yang mematuhi dan melanggar prinsip kerja sama. Prinsip kerja sama merupakan teori yang dikemukan oleh Grice. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdapat tiga cara, yakni (1) menonton sekaligus menyimak pembicaraan dalam acara Kick Andy dalam episode dengan tema Petani itu Keren, (2) mentraskip pembicaraan para narasumber, (3) mencatat serta menandai tuturan serta ujaran yang terindiksi mematuhi atau melanggar prinsip kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada terdapat 4 tuturan yang terindiksi melanggar prinsip kerja sama. Faktor yang melatarbelakangan adalah dari bahasa itu sendiri dan faktor maksim kesederhanaanya yang ada dari acara Talkshow tersebut.

 


Keywords


Grice; Kick Andy; Prinsip Kerja Sama.

References


Abdul dan Leonie Agustina, Chaer. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta.

Ana Widyaningrum, Sumarlam, Sri Marmanto, Maria. 2017. “Strategi Kesantunan dan Pelanggaran Kerja sama dalam Talkshow Rumpi (No Secret) di Trans TV (Tinjauan Pragmatik)”. Prasasti: Journal Of Linguistics, Vol. 2 Number 2, November.

Bagus Putrayasa, Ida. 2010. Pragmatik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Estiningrum, Windy. 2016. “Penyimpangan Prinsip Kerja Sama dalam Acara Sentilan Sentilun di Metro TV”. Volume 1, No. 2, September.

Hermawan, Agus. 2015. “Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Dialog ILC (Indonesia Lawyers Club) Tinjauan Pragmatik”. Jurnal NOSI Volume 3, Nomor 4, Agustus.

Malan Lubi, Marsingal RotuaSitanggang. 2019. “Analisis Penyimpangan Prinsip Kerja Sama dalam Acara Sarah Sechan NET TV”. Universitas Negeri Medan.

Setiawan, Rokhmat Basuki, dan Ngudining Rahayu, Afif. 2010. “Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Acara Mata Najwa di Metro TV”. Jurnal Korpus, Volume I, Nomor I, Agustus.

Rahardi, Kunjana Yuliana Setyaningsih, Rishe Purnama Dewi, Kunjana. 2016. Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa, Jakarta: Erlangga.

Wikipedia, “Kick Andy Talkshow Panduan Andy F. Noya” pada tanggal 31 Desember 2019. diakses pada https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kick_Andy.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i2.5031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.