PENGGUNAAN POWTOON SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Zulfah Anggita

Abstract


Wabah Corona Virus Disease atau biasa disebut Covid-19 yang telah melanda seluruh dunia memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah telah melarang lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dan memerintahkan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Sistem pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu alternatif untuk proses pembelajaran yang digunakan di masa pandemi covid-19. Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran online yaitu media pembelajaran Powtoon yang dapat membuat peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran karena aplikasi web ini memiliki banyak fitur-fitur yang menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan aplikasi Powtoon yang dapat menjadi solusi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam menjelaskan aplikasi Powtoon. Kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memberi gambaran tentang penggunaan aplikasi Powtoon sebagai solusi media pembelajaran yang digunakan di masa pandemi covid-19. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran online yaitu media pembelajaran Powtoon yang dapat menghindarkan siswa dari kebosanan dalam belajar karena aplikasi web ini mempunyai fitur-fitur yang menarik. Oleh karena itu, aplikasi powtoon dapat menjadi solusi media pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Media Pembelajaran; Powtoon; Pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Ayu, S. (2017). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Ips Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Pendidikan, 19–21.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).

Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 76.

Kholilurrohmi, I. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semeseter 1 SMAN 1 Plere. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209–219. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2070

Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7.

Sukiman. (2013). Pembangan Media Pembelajaran. In Pedagogia (p. 280). Pedagogia.

Syaiful, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. In Afabeta (p. 360). ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.