PENGGUNAAN APLIKASI PORTAL RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Nur Afifa Kifriyani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam proses pembelajaran jarak jauh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui tata cara dan beberpa komen-komen yang menggunakan media portal Rumah Belajar. Penelitian ini memfokuskan pada penggunaan media portal Rumah Belajar secara umum, juga langkah-langkah dan keefektifan siswa dalam mengunakan aplikasi Rumah Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Dalam pemanfaatan portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di berbagai sekolah-sekolah yang ada di Indonesia menjadi suatu pilihan para guru agar mempermudah adanya proses pembelajaran. Fitur-fitur yang disediakan di dalam portal Rumah Belajar sangat beragam, terdapat (1) Bank Soal, (2) kelas digital, (3) sumber belajar, (4) laboratorium Maya dan lain sebagainya.


References


DAFTAR PUSTAKA

Hasan, M. F., Parubak, A. S., & Yogaswara, R. (2018). Belar Kognitif Peserta Didik Kelas X Mia Sma Santo. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 121–125. http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Nur Alfy Ilmy. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN SUPLEMEN RUMAH BELAJAR (SITUS ELEARNING KEMEDIKBUD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SYARAF MANUSIA.

SANDI, P. A. (2019). PEDOMAN PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR strategi pembelajaran berbasis TIK memanfaatkan rumah belajar. 75. http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/tipe_pelatihan/80c2c010011b10ce0aa1e51a76bbfbd1.pdf

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i1.4536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.