PEMEROLEHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Fadlia Rafiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem pemerolehan bahasa anak yang berusia 2 tahun 6 bulan dan anak yang berusia 3 tahun 1 bulan, khususnya yang mencakup pada tataran Morfologi dan Sintaksis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Sheva yaitu anak yang berumur 2 tahun 6 bulan dan Raya anak yang berumur 3 tahun 1 bulan. Dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada tataran Morfologi, anak yang berusia 2 tahun 6 bulan (Sheva) kata yang diproduksinya bertambah bersifat monomorfemik, belum nampak morfem yang membedakan arti kata, mampu mengatakan lebih dari suku kata,  meskipun belum teratur sudah mampu menyusun kalimat sederhana, adanya proses afiksasi. Sedangkan pada anak berusia 3 tahun 1 bulan (Raya), kata yang diproduksinya semakin banyak, kata monomorfemik sudah lebih jelas, nampak morfem yang dapat membedakan arti kata, terdapat morfem bebas dan morfem terikat, penyusunan kalimat sudah teratur dan lebih  panjang, dapat menggunakan tiga atau lebih kata, terdapat proses afiksasi. 2) Pada tataran Morfologi, anak yang berusia 2 tahun 6 bulan (Sheva), pola kalimat yang dihasilkan sangat sederhana, kalimat yang masih tidak lengkap, pengucapan fonem yang belum sempurna, sudah mampu menghasilkan kalimat deklaratif, imperatif dan interogatif secara sederhana. Sedangkan anak yang berusia 3 tahun 1 bulan (Raya), sudah dapat menghasilkan kalimat yang menyerupai orang dewasa, pelafalannya sudah cukup  jelas,sudah mampu multikata dan dapat menghasilkan kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif yang jelas.

Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa Anak; Morfologi; Sintaksis.


Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Rineka Cipta.

Darjowisdjojo, S. dan. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia.

Ingram, D. (1999). First Language Acquisition Method, Description, and Explanation. Cambridge University Press.

Nababan, S. dan. (1992). Psikolinguistik, Suatu Pengantar. Gramedia.

Nuryani dan Dona Aji Karunia Putra. (2013). PSIKOLINGUISTIK. Mazhab Ciputat.

Reatner, G. B. G. dan. (1998). Psycholinguistics. Harcourt Brace Collage.

Schutz, R. (2006). Stephen Krashnt’s Theory of Secound Language Acquisition.

Sigel, I. and C. R. (2020). Cognitive Development from Childhood to Adolescence: A Construct//ivist Perspective.

Zasrianita, F. (2020). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 2,5 Tahun Dalam Kajian Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis. Jurnal Hawa: IAIN Bengkulu, Volume 1 E.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.