ANALISIS PENDERITA GANGGUAN CADEL PADA KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Nur Afifa Kifriyani

Abstract


Abstrak: Dengan adanya ganguan berbahasa dapat mengahmbat terjadinya pada proses komunikasi pada seseorang. Disatria atau bisa dikatakan ganguan cadel yaitu gangguan berbahasa fonetis yang dapat membuat penderita mengalami rendahnya tingkat percaya diri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi gangguan cadel dan penyebab cadel pada usia remaja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan adanya wawancara via Whatsapp dan metode simak melalui via voice notes. Pada hasil penelitian ini terdapat gangguan berbicara tentang fonem (bunyi) yang tidak sempurna kepada anak remaja yang berusia 17 tahun, sehingga gangguan yang dialami oleh anak remaja ini biasa dikarenakan oleh faktor psikologis dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan serta faktor bawaan ketika bayi. Fonem (bunyi) tersebut lebih mendominasi kepada “R”bila berada di akhir suku kata, sehingga hal ini menyebabkan posisi lidah yang terlalu pendek.

Kata Kunci: Gangguan Berbicara; Cadel; Kajian Psikolinguistik.


Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa. In Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Harimurti, K. (1982). Kamus linguistik edisi keempat. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Moleong, Lexi J, 2014.” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.

Mahsun. (2008). Metode Penelitian Bahasa. Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya.

Matondang, C. E. H. (2019). Analisis Gangguan Berbicara Anak Cadel (Kajian Pada Perspektif Psikologi Dan Neurologi). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 49–59.

Rohmani Nur Indah. (2017). Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. In UIN-Maliki Press.

Sundoro, B. T. (2020). Pola Tutur Penderita Cadel Dan Penyebabnya (Kajian Psikolinguistik). KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 338–349. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4612




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.