PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ4R( Survey, Read, Review, Recite, Reflect ) DI KELAS VIII SMP. GUPPI SAMATA GOWA
Abstract
Abstract
This research was a classroom action research (PTK) with the presentation of data and descriptions kuantitatif. Qualitative research descriptions was conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data learning process of each cycle were analyzed descriptively qualitative. The data were analyzed descriptively learning outcomes kuantitatif.Subjek this research is class VIII totaling 16 orang.Tindakan given is intended to determine the increase in the learning process and learning outcomes in cycle I. As for the second cycle in the form of corrective actions against deficiencies experienced in cycle I. Results of the data analysis of the results of the study in the first cycle and the second cycle is concluded that, teaching intensive reading in class VIII SMP-I Guppi Samata Gowa by using SQ4R method can improve the learning process and learning outcomes intensive reading. Conclusions based on these results, the researchers suggested to the teachers to always use the methods that can stimulate students' attention so that the students were interested in learning. For other researchers and students who pursue teaching Indonesian language and literature are expected to conduct research in the areas of reading by using other methods, as well as in intensive reading so it can be found a variety of learning methods that can be used as learning in school.
Keywords: Intensive Reading, Methods SQ4R
Abstrak
Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pemaparan data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data proses pembelajaran setiap siklus dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun data hasil pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 16 orang.Tindakan yang diberikan dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran pada siklus I. Adapun siklus II berupa tindakan perbaikan terhadap kekurangan-kekurangan yang dialami pada siklus I.
Hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian pada siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa, pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas VIII-I SMP Guppi Samata Gowa dengan menggunkan metode SQ4R dapat meningkatkan kemampuan pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran membaca intensif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru agar senantiasa menggunakan metode yang dapat merangsang perhatian siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk belajar. Bagi peneliti lain dan mahasiwa yang menekuni pengajaran bahasa dan sastra Indonesia diharapkan melakukan penelitian dalam bidang membaca dengan menggunakan metode lain, demikian pula dalam membaca intensif sehingga dapat ditemukan berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Membaca Intensif, Metode SQ4R
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.
Bahdar, Rinawati. 2008. “Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif melalui Pembelajaran Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar”. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Makassar: FBS UNM.
http://eprints.utm.my/3680/1/71881.pdf
Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Grafindo Persada.
Lestari, Dwi Endang dkk. 2005. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Klaten: Intan Pariwara.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP :Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiantoro, Burhan. 1995. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.
Nurhadi.2007. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahiem, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran: Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi. Jawa Tengah: Stain Salatiga Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ketiga . Jakarta: Balai Pustaka.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Belajar
Usman, Alimin & Nurbaya Kaco.Penelitian Tindakan Kelas (Pengantar ke dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi). Makassar: UNM.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v4i2.396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.