KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARYA TULIS ILMIAH GURU-GURU NONBAHASA INDONESIA SMA KABUPATEN LUWU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan; (1) Kesalahan penulisan huruf kapital atau huruf besar, (2) Kesalahan penulisan tanda baca, (3) Kesalahan penulisan kosa kata, (4) Kesalahan penulisan penempatan diksi (kata), dan (5) Kesalahan penulisan struktur kalimat (dalam karya tulis ilmiah guru-guru nonbahasa Indonesia SMA Negeri Kabupaten Luwu.Populasi penelitian ini adalah para guru nonbahasa Indonesia SMA Negeri Kabupaten Luwu. Metode penelitian ini adalah metode lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif, dan sampel penelitian ini ditetapkan secara acak (random dari tiga sekolah).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah kalimat-kalimat guru yang digunakan dalam karya tulis ilmiah yang mengalami kesalahan penulisan huruf kapital atau huruf besar, penulisan tanda baca, penulisan kosa kata, penempatam diksi (kata), dan penulisan struktur kalimat.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa; (1) Kesalahan penulisan huruf kapital atau huruf besar, (2) Kesalahan penulisan tanda baca, , (3) Kesalahan penulisan kosakata, (4) Kesalahan penempatan diksi (kata), (5) Kesalahan penulisan struktur kalimat karya tulis ilmiah para guru nonbahasa Indonesia SMA Negeri Kabupaten Luwu juga masih terdapat kesalahan, sehingga menyebabkan susunan kalimatnya menjadi rancu atau tidak efektif.
Kata Kunci: Kesalahan, Karya tulis ilmiah, Guru Nonbahasa Indonesia.
Abstract
The study aims to describe the singer; (1) Writing Error capital letter OR letters big, (2) Writing Error Punctuation, (3) Writing Error vocabulary, (4) Writing Error Placement diction (words), and (5) Writing Error Grammar (hearts papers scientific teachers of non-linguistic Indonesia SMA Research Luwu.Populasi District teacher is the non-linguistic singer Indonesia SMA Luwu. Methods Field Methods the singer is a qualitative descriptive shaped, Dan Singer Research samples randomly assigned Operating (random From Three schools).
Singer Research is a qualitative descriptive study. The data source is the sentences teacher who used hearts Scientific papers are experiencing Writing Error big capital letter OR letters, writing punctuation, writing vocabulary, penempatam diction (words), and Writing Grammar.
Based on the findings of that study; (1) Writing Error big letters uppercase OR, (2) Writing Error Punctuation ,, (3) Writing Error vocabulary, (4) Error Placement diction (words), (5) Writing Error Grammar Scientific papers non-linguistic teachers Indonesia SMA Also Luwu There are errors, causing the composition of the sentence ambiguous Become Effective OR NOT.
Keywords: Errors, Scientific papers, non-linguistic teachers Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Rahman, Abd. 2011. Fungsi Manajemen Sekolah Dikaitkan dengan Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Larompong Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Tesis. STIE YPUP Makassar.
Bogdan, R. C. and Biklen, S. K. 1992. Qualotative Research for Education, An Introduction to Theory of Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Harnipa. 2012. Penerapaan Pendekatan Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Kelas VIII3 SMP Negeri 2 Makassar.Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Hasan, M Z. 1990. Karakteristik Penelitian Kualitatif Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.
Hasrianto. 2010. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Perencanaan Model “AIR” (Auditory Intellectualy Repetition) Pada Siswa SMA Negeri 1 Bajo. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Keraf, Gorys. 1991. Diksi dan Gaya Bahasa. (Edisi yang diperbaharui). Jakarta: Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Moleong, Lexy. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. dan Tarigan, Dj. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. dan Lilis. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i2.392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.