PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSH WORD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, mulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa sebanyak 29 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan perempuan 19 orang, dengan nilai rata-rata pada siklus I 53,59 dan siklus II mencapai nilai rata-rata 74,59. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik tes dan tekhnik observasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menulis teks eksposisi dapat dimaksimalkan dengan menggunakan metode cush word pada kriteria penilaian menulis teks eksposisi (kesesuaian judul dan isi, pengorganisasian isi, diksi dan ejaan, tata bahasa), (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui metode cush word dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi yang terlihat pada munculnya motivasi, minat, serta adanya pembiasaan siswa dalam menuangkan ide atau gagasannya, (3) penilaian pembelajaran menulis teks eksposisi tidak saja difokuskan pada hasil pembelajaran, melainkan juga pada proses pembelajaran. Siswa yang sebelumnya kurang siap dan kurang aktif dalam pembelajaran menjadi lebih siap dan lebih aktif mengikuti pembelajaran. Penilaian tersebut merupakan perwujudan dari upaya maksimalisasi penilaian objektif berdasarkan penilaian evaluasi bahasa Indonesia pada pembelajaran keterampilan menulis khususnya menulis teks eksposisi.
Kata Kunci: Menulis Eksposisi, Metode Cush Word
Abstract
Singer study is classroom action research conducted hearts The prayer cycle, ranging from (1) Planning, (2) Implementation, (3) evaluation, and (4) reflection. Subject Research Singer is a Class X SMAN IPA-1 I Sungguminasa Gowa much as 29 orangutans orangutan Consisting Of the 10 men and women 19 orangutans, WITH The average value of ON CYCLE I CYCLE II reached 53.59 And the mean value average 74.59. Data collection The technique used is the technique tests and techniques of observation.
Results Cantor showed that (1) Planning Learning to write text exposition can be maximized WITH using methods cush said ON Criteria Evaluation write text exposition (FITNESS title and contents, organizing content, diction Dan Spelling, grammar), (2) Implementation of Learning to write text exposition through methods cush said can be improving the writing skills of text exposition seen ON emergence of motivation, interest, as well as their habituation Students hearts ideas OR ideas, (3) Assessment of Learning to write text exposition not only focused on the findings of learning, but Also ON Learning process. The former students Less And Less Active hearts Ready Learning Being better prepared and actively participating in learning. ASSESSMENT is the realization of Objective Assessment Of maximization efforts by Indonesian ON ASSESSMENT Evaluation of Learning writing skills, especially writing text exposition.
Keywords: Writing Exposition, Cush Methods Word
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Andis. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Melalui Media Gambar Siswa Kelas V SDN 75 Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Unismuh Makassar.
Akhadiah, Sabarti,dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. IKIP Jakarta. Erlangga.
Arikunto, Suharsimin. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Chulsum Umi, dkk. 2006. Kamus Besar bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko
contoh.html.
D.Ph. Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Strategi Rangsangan Visual Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Bungoro Kab. Pangkep. Skripsi tidak diterbitkan. Unismuh Makassar
Http://www.pojok manfaat.com/2013/05/paragraf eksposisi-pengertian-ciri-jenis-
Irfan. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Ekposisi Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC). Terhadap Siswa Kelas X/A SMA Negeri I Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep
Muhammad Nawir. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Persuasif Melalui penerapan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII MTS Muhammadiyah Tallo Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Unismuh Makassar.
Munirah. 2012. Bahan Ajar Karya Tulis Ilmiah. Diktat, Unismuh Makassar
Poyoth-P. blogspot.com/2012/11/model-pembelajaran-guided-teaching-html
Rahmi. 2011. Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Persuasif Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Wilayah Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Unismuh Makassar.
Said, D. M. M. Ide. 2008. Aspek kebahasaan dan Tata Cara Penulisan. Makalah. Worshop Penulisan Bahan Ajar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sirajuddin. 2012. Peningkatan Pembelajaran keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Menggunakan Metode Brainstorming Siswa Kelas X SMA Negeri I Kelara. Skripsi tidak diterbitkan.Unismuh Makassar
Suparno & Yunus, M. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdiknas.
Syamsuddin, AR. 2009. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia 3. Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i2.391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.