KARAKTERISTIK DAN FUNGSI BAHASA IKLAN BISNIS LAYANAN APLIKASI CHATTING DI YOUTUBE

Rose Junieles, Sarifah Firda Arindita N

Abstract


Karakteristik bahasa termasuk juga dalam ragam bahasa atau keunikan bahasa yang dimiliki oleh penuturnya, begitu juga fungsi bahasa, bahasa memiliki fungsi sebagai alat komunikasi antar penutur. Karakteristik dan fungsi bahasa termasuk kedalam variasi bahasa. Variasi bahasa di pengaruhi oleh individu dalam suatu spesies saat berinteraksi dengan orang lain, sehingga adanya variasai bahasa ini merupakan hal yang wajar dalam berbahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis wujud karakteristik dan fungsi bahasa yang ada pada iklan aplikasi  chatting di Youtube. Penelitian ini penting dilakukan, karena dalam iklan yang muncul di Youtube sebenarnya memiliki karakteristik dan fungsi bahasa mereka sendiri untuk menarik perhatian para penikmat aplikasi. Serta menjadi manfaat bagi pembaca untuk mengetahui variasi bahasa yang dipakai dalam iklan. Metode dalam penelitian ini yaitu deksiptif kualitatif dengan pendekatan sosiolingistik. Data dari penelitian yaitu iklan aplikasi chatting yang ada di Youtube dan direkam lalu dianalisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian merupakan teknik pengamatan dan catat. Data diperoleh dengan cara mengamati iklan yang terdapat di Youtube kemudian mencatat data iklan yang ingin diteliti. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa adanya karakteristik bahasa pada iklan bisnis aplikasi Chatting di youtube seperti karakteristik bahasa daerah, karakteristik bahasa gaul dan karakteristik bahasa asing. Adapun fungsi bahasanya seperti fungsi informasi, fungsi Ekspresif dan fungsi direktif.


Full Text:

PDF

References


Abdul, C. L. A. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alexander, Morrisan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Aslinda. Syafyahya, L. 2010. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Dompas, Yetty. 2017. Karakteristik Pemakaian Bahasa Laras Iklan Pada Jejaring Sosial. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.

Giyoto. 2013. Pengantar Sosiolinguistik. Surakarta: Fataba Presss.

Hamidah, Jamiatul dan Normuliati, Sri. 2015. Analisis Tindak Tutur Endorse Di Media Sosial Instagram. Banjarmasin : Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Hutahaean, Sorta. 2004. “Analisis Bahasa Iklan Pada Majalah Kartini”. Jurnal Ilmu Budaya.

Inderasari, Elen, Ferdian Achsani, dan Bini Lestari. 2019. “Bahasa Sarkasme Netizen Dalam Komentar Akun Instagram Lambe Turah”. Semantik. Vol. 8 No.1.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Edisi ke tiga. Jakarta : Erlangga.

Kertamukti, R. (2016). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran (1st ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Oktavia, Wahyu. 2018. “Variasi Jargon Chatting Whatsapp Grup Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia”. Jurnal KATA. Vol. 2 No. 2.

Paul, O. S. Herman, Ed. 2002. Sosiolinguistik. Jakarta: Kesain Blanc.

Rafiek, 2010. Teori Sastra Kajian teori dan praktik. Bandung: Refika Aditama.

Supriyanto, Aji. 2005. “Pengantar Teknologi Informasi”. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Trafena, Talika, F. 2016. “Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan”. Acta Diurna, Vol. 1.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.