PENGARUH GAWAI TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 4 TAHUN: KAJIAN ASPEK SINTAKSIS

Fathur Rahmi Affauzani

Abstract


Keberadaan gawai pada era modern telah menjadi kebutuhan primer sejalan dengan perkembangan teknologi. Kehadirannya selain berdampak pada kehidupan masyarakat (orang dewasa) juga dapat memengaruhi proses pemerolehan bahasa bagi anak yang bermain gawai. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun yang dipengaruhi oleh gawai melalui telaah bidang sintaksis, yakni berupa kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat suruh. Sumber data berasal dari rekaman video dan audio anak yang menjadi subjek penelitian, sedangkan data berupa transkrip dari rekaman video dan audio. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu (1) merekam kegiatan anak yang dijadikan bahan penelitian, (2) mentranskrip pembicaraan, dan (3) menganalisis data sesuai dengan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan mendeskripsikan informasi yang didapat dari data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian yang diperoleh di antaranya, pertama gawai sangat mempengaruhi pemerolehan sintaksis bahasa anak usia 4 tahun terhadap produksi kalimat berita, kedua gawai tidak terlalu berpengaruh terhadap pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun dalam produksi kalimat tanya, dan ketiga gawai tidak berpengaruh terhadap pemerolehan sintaksis bahasa anak usia 4 tahun dalam produksi kalimat perintah.


Full Text:

PDF

References


Chaer, A. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hutabarat, Ismatrini. 2018. Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dua Tahun dan Tiga Tahun di Padang Bulan. Jurnal Darma Agung, XXVI(1), 661-676

Impuni. 2012. Pemerolehan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun Melalui Penceritaan Kembali Dongeng Nusantara. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 30-41

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2015. Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. https://www.kominfo.go.id.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nuryani, & Putra, D.A.K. 2013. Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.

Ramlan, M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: C.V. Karyono.

Simanjuntak, M. 2006. Pengantar Neuropsikolinguistik, Menelusuri Bahasa, Pemerolehan Bahasa dan Hubungan Bahasa dengan Otak. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tarigan, H.G. 1986. Psikolinguistik. Bandung: Penerbit Angkasa.

___________. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: CV Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.