PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETUNJUK DENAH/PETA DENGAN ALAT PERAGA DENAH LOKASI (DELOK) DAN METODE SALING SILANG HASIL KELOMPOK (SSHK)

Tamad Tamad

Abstract


Kemampuan reseptif dalam pelajaran bahasa Indonesia pada materi membaca peta sangat diperlukan bagi siswa untuk mengenali simbol-simbol bahasa dalam peta guna memperoleh pengenalan dan pemahaman medan yang disampaikan dalam peta. Kemapuan membaca peta pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngajum berada pada kategori rendah dengan tingkat kelulusan sejumlah 48,38% dari 31 siswa. Berdasarkan hal tersebut peneilitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca petunjuk dalam denah/peta dan (2) meningkatkan kemampuan membaca denah/ peta pada matapelajaran Bahasa Indonesua dengan menggunakan alat peraga delok (denah lokasi) sesuai konteks lingkungan siswa dan metode saling silang kelompok. Penelitian ini berupa peneilitan tidankan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngajum. Data pada peneliian ini berupa hasil observasi, wawancara, studi dokumen, dan hasil tes kemampuan siswa membaca peta. Data diperoleh dengan menggunakan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumen pendukung, dan soal tes essai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil berupa, rendahnya hasil belajar disebabkan oleh (1) motivasi belajar siswa yang rendah, (2) rendahnya pemahaman siswa dalam membaca peta, dan (3) penggunaan metode belajar yang diterapkan oleh guru. Penggunaan media denah lokasi sesuai konteks lingkungan siswa dan metode saling silang kelompok menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 61,29% terdapat peningkatan sebesar 77,16% pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arisma, Olynda Ade. 2012. Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Puri. Universitas Negeri Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Maharani,Winda & Maryani, Enok. 2015 Peningkatan Spatial Literacy Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Peta. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 15, Nomor 1, April 2015, Hlm. 46 - 54.

Montello, D. R. (2015). Spatial Cognition. International Encyclopedia Of The Social & Behavioral Sciences, 111–115.

Nurhadi, 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Sumaatmadja, N. (1996). Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiati & Asra. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Sutarna, Sutarna. 2016. Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 16, Nomor 1, April 2016, Hlm 24-33.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i1.2271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.