PENERAPANMEDIA FILM STRIP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA MURID KELAS III SDN 174 SUKADAMAI KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapanmedia film strip dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks cerita murid kelas III SDN 174 Sukadamai Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Penelitian ini dilaksanakan di kelas III Tahun Pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, tes, dan alat perekam. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penerapan film strip dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks cerita pada murid kelas IIISDN 174 Sukadamai Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara disusun secara terintegrasi dan kompleksitas sesuai dengan sistematika perencanaan pembelajaran. Namun, pada siklus I, perencanaan belum disusun secara lengkap dengan tidak tercantumnya metode yang dapat menunjang pelaksanaan media film strip. Hal ini telah diperbaiki pada siklus II sehingga keterampilan membaca murid mengalami peningkatan. (2) Pelaksanaan penerapan film strip dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks cerita pada murid kelas IIISDN 174 Sukadamai Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara siklus I belum terlaksana dengan baik. Guru belum menerapkan media film strip sesuai dengan prosedurnya sehingga proses pembelajaran membaca belum maksimal. Pada siklus II, pelaksanaan film strip sudah sesuai dengan prosedurnya dan dapat diterapkan oleh guru dengan baik tanpa kendala yang signifikan. Hal ini berkontriubusi terhadap peningkatan keaktifan murid dalam membaca. (3) Hasil belajar murid dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan film, strip dengan bantuan media Audio-Visual melalui Komputer dan LCD meningkat. Hal ini tampak pada hasil yang diperoleh setiap siklus. Keterampilan membaca siklus 1 mencapai 66,33%, dan meningkat pada siklus 2 yang mencapai 80,83%.
Kata Kunci: media film strip, keterampilan, membaca, cerita
Abstract
The purpose of the study were described the planning , implementation , and evaluation of penerapanmedia film strips in improving the reading comprehension skills of story text SDN 174 third graders Sukadamai District of Sukamaju Luwu Utara. The approach used in this study was a qualitative approach. This research was action research (classroom action research) . Research was conducted in Class III Academic Year 2011/2012 . The instruments used were observation , testing , and recording devices . The technique of data analysis was descriptive qualitative research . The results showed that ( 1 ) Planning application film strips in improving reading comprehension skills in the story text grader IIISDN 174 Sukadamai Sukamaju District of North Luwu arranged in accordance with the complexity of an integrated and systematic learning plan . However , in the first cycle , the planning had not been fully compiled with no inclusion of methods that can support the implementation of the medium of film strips . This had been corrected in the second cycle so that the reading skills of students had increased. ( 2 ) The application of film strips in improving the reading comprehension skills of story text at 174 Sukadamai IIISDN grader Sukamaju District of North Luwu cycle I had not done well . Teachers had not applied a strip of film media in accordance with the procedure so that the process of learning to read was not maximized . In the second cycle , the implementation of the film strips were in accordance with the procedure and can be applied by teachers as well without significant obstacles . This berkontriubusi to increased activity of students in reading . ( 3 ) The results of student learning in learning to read by using a film strip with the help of Audio-Visual media through the computer and the LCD increases . This was evident in the results obtained by each cycle . Skills reading cycle 1 reached 66.33 % , and the increase in cycle 2 which reached 80.83 % .
Full Text:
PDFReferences
Ambo Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.
Aminuddin. 1990. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar, 2002. Media Pengajaran.Jakarta: Raja Grafindo.
Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 2005. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Mustopo, Habib M. 1983. Ilmu Belajar Dasar, Kumpulan Esai Manusia dan Belajar. Surabaya: Indonesia Usaha Nasional.
Nurgiyantoro, Burhan. 2008. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Oka, 1 Gusti Ngurah. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.
Rahiem, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmanto, B. 1998.Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisus.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Subana dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.
Suharianto, S., 1982. Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: WidyaDuta.
Suhendra, M. E. & Supinah Pien. 1992. Pengajaran dan Keterampilan Membaca dan Keterampilan. Bandung : Pioner Jaya.
Supratiningsih. 2005. Pembelajaran Membaca, Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Rineka Cipta.
Usman, Uzer Muh. 2004. Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT RemajaRosdakarya.
Wiryodijoyo, S., 1989.Membaca: Strategi, Pengantar, dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v1i1.158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.