PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD INPRES BATULAPPA KABUPATEN BARRU MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN EMOSIONAL

Muhammad Dirham

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, penggunaan, dan penilaian peningkatan kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Inpres Batulappa Kabupaten Barru melalui Sistem Pembelajaran Emosional. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian adalah tindakan berupa respons tingkah laku guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran di kelas. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Batulappa Kabupaten Barru dengan jumlah siswa 19 orang.  Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, pengamatan, dan wawancara. Adapun teknik analisis data dengan (1) Menelaah seluruh data yang telah terkumpul, (2) reduksi data, (3) penyajian data atau memaparkan data, dan (4) menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir dapat meningkatkan kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Inpres Batulappa Kabupaten Barru. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas  14 siswa dengan persentase 73 % dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas  19 siswa dengan persentase 94,74%  kualifikasi  sangat baik  18 siswa dan 1 siswa kualifikasi baik persentase 5,26%. Pada tahap pelaksanaan juga terjadi peningkatan. Proses pembelajaran berlangsung dengan sangat baik dengan keinginan siswa untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Pada penilaian kemampuan menulis puisi dengan sistem pembelajaran emosional, guru lebih mampu melakukan penilaian secara komprehensif yaitu penilaian hasil dan penilaian proses. Oleh karena itu, disarankan kepada guru Bahasa Indonesia  agar dapat menggunakan sistem pembelajaran emosional  dalam pembelajaran kemampuan menulis puisi.

Kata Kunci: Keterampilan, menulis, puisi, emosional


Full Text:

PDF

References


Aftaruddin. 1983. Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung: Angkasa.

Akhadiat, Sabarti. dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:IKAPI.

Ambo Enre, Facruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP.

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto. Suharsimi.1993. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, dkk. 1999. Pengajaran Apresiasi Sastra. Jakarta Depdikbud.

Azhar, Arsyad. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Cleary, Linda Miller and Michael Linn D. 1993. Linguistics for Teachers. New York: McGraw-Hill, Inc.

Depdiknas. 2006a. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Deporter, Bobby dan Mike Hernachi. 2004. Quantum Learning. Bandung. PT Mizan Pustaka.

Dryden, Gordon dan Jeanette Vos. 2001. Revolusi Cara Belajar, Keajaiban Pikiran SekolahMasa Depan. Bandung. Penerbit Kaifa.

Effendi, S., 1996. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende: Nusa Indah.

Ellis, Arthur., dkk. 1989. Elementary Language Arts Instruction. New Jersey: Englewood Cliffs.

Firman. 2003. Keterampilan Murid Kelas II SLTPN 1 Sajoanging Kabupaten Wajo Menulis Pengalaman Pribadi dalam Bentuk Puisi. Skripsi. Makasar: FBS UNM.

Given, Barbara K. 2007. Pengajaran pada Sistem Alami Otak Belajar (Terjemahan). Alexandria: Asosiasi Pengawasan dan Pengembangan Kurikulum.

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence: Why it Can Matter More than IQ. New York: Bantam Books.

Harras, dkk. 1997. Membaca I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Hartoko, A., 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.

Hernowo. 2006. Menjadi Guru, yang mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung. Mizan Learning Center.

http://www.ditnaga-dikti.org/ditnaga/files/PIP/PKP-4c.pdf

Iskandar Wassid dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Keraf, Gorys. 1984. Komposisi. Endeh: Nusa Indah.

Marahimin, Ismail. 1999. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mehrabian, Lucas C. 2007. Pembelajaran Emosional Kuat berdasarkan Belajar Cerdas. Internasional Journal of Intelligent Technology (IJIT) , Vol. Jurnal Teknologi Cerdas (IJIT), Vol. ACKNOWLEDGMENT 1, No. PENGHARGAAN 1, No 1, (2005), pp. 34-40. 1.

Mulyasa, E.,dkk. 1998. Sanggar Sastra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Nurgiyantoro, Burhan. 2008. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPEE.

Pasiak, Taufik. 2007. Kecerdasan Majemuk. Bandung: Mizan Learning Center.

Pradopo, Rahmat Djoko. 1999. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rofi’udin, A. 2002. Rancangan Penelitian Tindakan. Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan V Tahun 1996/1997. Malang: IKIP Malang.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007a. SQ for kid, Mengembangkan Kecerdasan Spritual Anak Sejak Dini. Bandung : Mizan Pustaka.

. 2007b. Belajar Cerdas, Belajar Berbasiskan Otak. Bandung : Mizan Learning Center.

Sardiman, Arief. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, M. Atar. 1990a. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

____________. 1994b. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.

Slameto. 2007. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.

Sugono, Dendi (Ed.). 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Pusat Bahasa DEPDIKNAS :Jakarta.

Sukidin dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.

Suparno dan Yunus. 2003. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual. Makalah Disajikan dalam Simposium Guru di Wisma Jaya Raya Bogor, 2 6 November 2001.

Syafi’ie, Imam. 1998. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.

Tarigan, Djago. 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Pendidikan Kependudukan.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

.1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Penerbit Angkasa Bandung.

Tompkins, Gail E. 1990. Teaching Writing Balancing Process and Product. New York: Macmillan Publishing Company.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2003. Kecerdasan Emosional, Mengintegrasikan IQ, EQ, SQ dengan Pendekatan Holistik. Bandung: Mizan.

Zuchdi, Darmiyati. 1997. Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses. Karya Ilmiah. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Yogyakarta Tanggal 15 November 1996 (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: IKIP.

Zulfahnur, dkk. 1997. Apresiasi Puisi. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD INPRES BATULAPPA KABUPATEN BARRU MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN EMOSIONAL




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.