PENGARUH METODE PROYEK PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anding, M. F., Saud, S., & Rijal, S. 2021. Peningkatan kosakata bahasa jerman melalui penggunaan media cerita pendek. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics,2(1), 57-63.
Cahyo Hasanudin, Ayu Fitrianingsih, Leli Nisfi Setiana,Rani Jayanti, Brillianing Pratiwi, Priyantoko. 2022. Metode Penelitia. AMMA :Jurnal Pengabdian Masyarakat.1 (3) 133-140
Daswita, D. 2020. Meningkatkan keterampilan menulis Siswa dengan menggunakan model Project Based Learning di Kelas XII IPA 1 SMAN 7 Padang. Menara Ilmu, 14(1).
Ginting, E. S. 2020. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240-250. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.12334
Ipah, S, Eli, S., dan Agus. P. (2022). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Model Project Based Learrning (PjBL) untuk Siswa Kelas IX SMP PGRI 4 Cimahi. Jurnal Pendidikan Bahasa. 5(5)
Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90-95. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/download/9691/pdf_1
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas x SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,1(1), 1-12.Doi https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.
Kurnia, T. (2018, August 14). Keahlian Menulis Makin Penting di Dunia Kerja, Simak 3 Tipsnya - Bisnis Liputan6.com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3614941/keahlian-menulis-makin-penting-di- dunia-kerja-simak-3-tipsnya
Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo.Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra,2(1). 30-34. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/118.
Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-3910. Retrieved from https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1886.
Nurhayati, S. (2022). Cerita pendek dan cerita fantasi: Untuk guru dan siswa sekolah Menengah Pertama. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia Pendampingan Siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro dalam Menulis Cerita PendekdenganMenggunakanMetodeProject-Based Learnin
Priyono, W. Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)(0). Retrieved from https://guraru.org/guru-berbagi/pengertian-pembelajaran-berbasis-proyek-project-based-learning/
Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis struktural dan nilai moral dalam cerpen “kembang gunung kapur” karya Hasta Indriyana. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101- 114.
Sufi dan Nursaid. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Jurnal Pendidikan. 32 (1). 129-138.
Sunarsih, E., Adelina, S., & Yanti, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singkawang Tahun Ajaran 2017/2018. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 89. https://doi.org/10.26737/JP-BSI.V3I2.737
Susanti, E. D. (2019). Project based learning: pemanfaatan vlog dalam pembelajaran Sejarah untuk generasi pro gadget. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 84-96. Doi http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/7571
Tya, S. A., Mulyaningsih, I., & Nuryanto, T. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Model Example Non-Example. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 77–99
Valentini, Y., Widodo, M., & Riadi, B. (2020). Pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas ix. 1 SMP Negeri 1 Piringsewu. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 8(1). 1-11. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/20017/14147.
Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran IPS SMPN 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55-69. Retrieved from http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/jpbp/article/view/129.
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25625
Yusuf, M. Y. (2020, March 14). Beberapa Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i1.11224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.