PENGARUH METODE PROYEK PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

Rakha Kinasih Septiyenni, Desi Sukenti

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia menuntut siswa untuk mampu menulis karya sastra, baik berupa tulisan ilmiah maupun non ilmiah seperti cerpen. Ternyata masih banyak siswa yang tidak mampu menulis cerpen. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal ini adalah model pembelajaran proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode proyek terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa SMPN 26 Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 26 Pekanbaru yang berjumlah 30 siswa. Sampel jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan proyek berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa, hal ini terlihat dengan diperolehnya nilai rata-rata hasil kemampuan menulis cerpen siswa sebesar 85,28 dengan kategori tinggi, dan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,21 yang artinya pengaruh proyek terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen adalah 21%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode proyek akan membuat siswa tertarik mengikuti pelajaran karena sesuai dengan karakteristiknya.

Keywords


Cerpen; Menulis; Metode; Pengaruh; Proyek.

Full Text:

PDF

References


Anding, M. F., Saud, S., & Rijal, S. 2021. Peningkatan kosakata bahasa jerman melalui penggunaan media cerita pendek. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics,2(1), 57-63.

Cahyo Hasanudin, Ayu Fitrianingsih, Leli Nisfi Setiana,Rani Jayanti, Brillianing Pratiwi, Priyantoko. 2022. Metode Penelitia. AMMA :Jurnal Pengabdian Masyarakat.1 (3) 133-140

Daswita, D. 2020. Meningkatkan keterampilan menulis Siswa dengan menggunakan model Project Based Learning di Kelas XII IPA 1 SMAN 7 Padang. Menara Ilmu, 14(1).

Ginting, E. S. 2020. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240-250. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.12334

Ipah, S, Eli, S., dan Agus. P. (2022). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Model Project Based Learrning (PjBL) untuk Siswa Kelas IX SMP PGRI 4 Cimahi. Jurnal Pendidikan Bahasa. 5(5)

Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90-95. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/download/9691/pdf_1

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas x SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,1(1), 1-12.Doi https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Kurnia, T. (2018, August 14). Keahlian Menulis Makin Penting di Dunia Kerja, Simak 3 Tipsnya - Bisnis Liputan6.com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3614941/keahlian-menulis-makin-penting-di- dunia-kerja-simak-3-tipsnya

Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo.Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra,2(1). 30-34. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/118.

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-3910. Retrieved from https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1886.

Nurhayati, S. (2022). Cerita pendek dan cerita fantasi: Untuk guru dan siswa sekolah Menengah Pertama. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia Pendampingan Siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro dalam Menulis Cerita PendekdenganMenggunakanMetodeProject-Based Learnin

Priyono, W. Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)(0). Retrieved from https://guraru.org/guru-berbagi/pengertian-pembelajaran-berbasis-proyek-project-based-learning/

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis struktural dan nilai moral dalam cerpen “kembang gunung kapur” karya Hasta Indriyana. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101- 114.

Sufi dan Nursaid. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Jurnal Pendidikan. 32 (1). 129-138.

Sunarsih, E., Adelina, S., & Yanti, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singkawang Tahun Ajaran 2017/2018. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 89. https://doi.org/10.26737/JP-BSI.V3I2.737

Susanti, E. D. (2019). Project based learning: pemanfaatan vlog dalam pembelajaran Sejarah untuk generasi pro gadget. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 84-96. Doi http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/7571

Tya, S. A., Mulyaningsih, I., & Nuryanto, T. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Model Example Non-Example. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 77–99

Valentini, Y., Widodo, M., & Riadi, B. (2020). Pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas ix. 1 SMP Negeri 1 Piringsewu. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 8(1). 1-11. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/20017/14147.

Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran IPS SMPN 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55-69. Retrieved from http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/jpbp/article/view/129.

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25625

Yusuf, M. Y. (2020, March 14). Beberapa Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i1.11224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.