ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR LAGU “SAOHAGOLO INA DAN FAOMASI NAGU” KARYA CONSTANT GIAWA
Abstract
Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengajarkan nilai, pengetahuan dan menjadikan peserta didik lebih terampil dalam mengembangkan dirinya, dan menjadikan diri sebagai peserta didik yang memiliki karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam syair lagu “Saohagölö Ina dan Fa’omasiu Nagu” karya Constant Giawa. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah syair lagu “Saohagölö Ina dan Fa’omasiu Nagu” karya Constant Giawa, sedangkan objek penelitiannya adalah isi syair lagu yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Data dikumpulkan dengan cara mendengarkan, memahami dan menerjemahkan, mengelompokkan dan menganalisis kemudian mencatat kembali nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam syair lagu “Saohagölö Ina dan Fa’omasiu Nagu” karya Constant Giawa. Sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri (Human instrument) teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dalam syair lagu “Saohagölö Ina” terdapat (5) lima nilai-nilai pendidikan karakter didalamnya sebagai berikut: jujur, kerja keras, mandiri, cinta damai, tanggung jawab. Sedangkan dalam syair lagu “Fa’omasiu Nagu” terdapat enam nilai pendidikan karakter antara lain: religius, jujur, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab Secara tidak langsung dalam syair lagu tersebut dapat memberikan pembelajaran dan didikan di kalangan masyarakat maupun lingkungan pendidikan, dari hasil peneliti ini disarankan dapat bermanfaat bagi pembaca dan peneliti selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F. D., Rakhmawati, A., & Anindyarini, A. (2019). Kajian Stilistika Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Lirik Lagu Pada Album Don’T Make Me Sad Karya Letto Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Menengah Atas. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 43. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35496
Ambarwati, G., Sumadiningrat, E., & Mawardi. (2021). Analisis Nilai Karakter Dalam Lagu Kebangsaan Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Total Persada Kota Tangerang. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 428–437. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Jakarta: Depdikbud.
Febriani, N. R., Laila, A., & Damariswara, R. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dalam Lirik Lagu Karya A.T. Mahmud Pada Buku Siswa Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 901–908. https: //doi.org/10.37905 /aksara.8.2.901-908.2022
Kurniawati, I., Agung, A., & Putro, Y. (2022). Studi Literatur : Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung pada Lagu Anak Karya Ibu Sud. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6775–6782.
Malatu. (2014). Seni Musik 1 untuk Kelas VII SMP dan MTS. Sukarta: Serangkai Pustaka Mandiri.
Martin, Y. A., Ysh, A. Y. S., & Listyarini, I. (2020). Analisis Nilai Karakter Pada Lirik Lagu Dalam Buku Lagu-Lagu Pilihan Ismail Marzuk. Indonesian Values and Character Education, 3(2), 54–59.
Nuzulia, N. (2020). Pengembangan Lagu Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 01 Malang. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.284
Pradopo, & Rahman Djoko. (1997). Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadah Mada University Press.
Puspitasari, F. B., & Herdiati, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 15–38.
Semi, & Nugraheni. (2012). Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter.
Setiowati, S. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 172. https: //doi.org/10.34050 /jib.v8i1.9980
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Literasi. Literasi Media Publishing: Yogyakarta.
Suarni, Ramli, & Azwardi. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Bahasa Singkil di Subulussalam. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 21–32.
Sugiyanto, & dkk. (2013). Seni Budaya. Erlangga: Jakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Konsepsi, 10(1), 17–27.
Vikriawati, Andi NUrrochmah, & Lis Nurasiah. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Lagu Wajib Nasional Dikelas
Rendah. Jurnal Gentala Pendidikan, 6(I), 32–43. https: //online-journal.unja.ac.id /gentala/article/view/9859
Widawati, R. (2014). Syair Lagu Dalam Pengajaran Sastra. Edutech, 13(2), 231. https: //doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3103
Yunus, M., Anwari, M. R., & stiqamah. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Lagu-Lagu Anak Sebagai Media Pembelajaran BIPA. In Stalistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Vol. 6, Issue 2).
Zebua, H. (1991). Sastera & Tata Bahasa Daerah Nias. Kasi Kebudayaan: Kabupaten Nias.
Zendrato, D. (2003). Bahasa dan Sastra Nias. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan: Kabupaten Nias.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i1.10622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.