STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI BIRA SEBAGAISUMBER UNGGULAN PENDAPATAN ASLI DI DAERAHKABUPATEN BULUKUMBA

Susilawati Susilawati, H. Mappamiring H. Mappamiring, Alimuddin Said

Abstract


The aim of this research is to explain how the development strategyBirabeach tourisms source ofrevenuein the areaseedin accordance withlaw No.6of 2009and to identify indicators oftourism development strategy. This type of researc his qualitative. This study uses aphenomenolog icland data collection techniques is instrumentssuch as interviews, observation and document retrieval. The results showedthat thetourism development strategy Birabeachis good enough,Seenfromthree indicators: (1) human resources,(2) promotionof tourism, and (3)carefacilities.While the indicator(4) Infrastructuresand(5) Environment are stillnot maximized duea musement rides and road facilities are still inadequate, As well asless cleanenvironment.

 

Keywords: Strategy development, coastaltourism Bira.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pengembangan pariwisata pantai Bira sebagai sumber unggulan pendapatan asli di daerah sesuai dengan Perda Nomor 6 tahun 2009 dan untuk mengetahui indikatorstrategi pengembangan pariwisata. Jenis penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan fenomenologis dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa wawancara, observasi dan pengambilan dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan pariwisata pantai Bira ini sudah cukup baik,dilihat dari tiga indikator: (1) SDM, (2) Promosi kepariwisataan, dan (3) Fasilitas pelayanan. Sementara indikator  (4) Sarana dan Prasarana dan (5) Lingkungan masih belum maksimal dikarenakan fasilitas wahana hiburan dan jalan yang masih belum memadai, Serta lingkungan kurang bersih.

Kata kunci: strategi pengembangan,  pariwisata pantai bira

 

 


Full Text:

PDF

References


AJ Burkart, S Medlik. 2008. Pariwisata dan Pembangunan Daerah, Jakarta: PT Gunung Agung

Chandler, 2011. Teknik dan Metode Penyusunan Manajemen, Malang: PT AFJ Mobicons

Clayton M Chirstensen, 2003. Strategi dan Inovasi, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Krapt, Hunziker. 2008. Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia, Jakarta: PT Pertja

Malayu, S.P. Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Michael R Porter, 2008. Strategi Management In action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Richardson, John I dan Martin Fluker 2004. Pengantar Ilmu pariwisata. Jakarta: PT Andi Yogyakarta.

Sulastiyono, 2004. Manajemen Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Stephani, 2005. Management Strategi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahab, dan Saleh, 2003. Manajemen Kepariwisataan, Jakarta: PT Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v2i3.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



View Visitors

 

Indexing