STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN ENREKANG
DOI:
https://doi.org/10.26618/kimap.v5i6.14152الكلمات المفتاحية:
strategi، pemerintah، pelayanan publik، kualitas pelayananالملخص
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam meningkatan kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Informasi penelitian ini dikumpul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembagan pelayanan telah menjadi faktor penting dalam peningkatan kualiatas pelayanan publik di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. Strategi pengembangan sistem prosedur langka-langka yang diambil dalam pengembangan sistem prosedur meliputi standardisasi prosedur, penerapan teknologi informasi, peneningkatan aksesibilitas layanan, pelatihan dan pengembagan sumber daya manusia, seta pemantauan secara berkala, strategi pengembangan infrastruktur mengembangkan teknologi dan sistem informasi yang canggih, kolaborasi dengan pemerintah yang penting, evaluasi yang berkala, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia, agar menjadi langka-langka yang penting dan saling terkait di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang. Strategi pengembangan budaya dan kultur membangun budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat, meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar pegawai, serta mengembangkan sikap profesionalilsme dan integritas.المراجع
Akbar, A. M. A., Mappamiring, M., & Ma'ruf, A. (2021). Etika Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Tamaona Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), pp. 1633-1647.
Azan, A. R., Hanif, A., & Fitr, A. T. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39- 46.https://doi.org/10.54783/dialekt ika.v19i1.62
Danna, D. C., & Kismartini, K. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Batang. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(3), pp. 344- 359.
Mulyadi. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Ningsih, F. (2013). Kinerja Aparat Pemerintah Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Desa Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau. PublikA: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 2(3). pp. 1-7.
Nugraha, R. N., & Ananda, A. (2022). Peran Reception Dalam Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pengunjung Hotel Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 6(1), pp. 283– 290.
Prajatama, K. S., Larasati, E., Lituhayu, D., & Publik, D. A. (2021). Manajemen Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Melalui EPBB di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 11(1), pp. 173–192.
Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. books.google.com.
Setiawan, R., Sulthan, M. F., & Abdurrahman, A. (2020). Government Policy in Public Services in the Republic of Tatarstan, Russia. Jurnal Cita Hukum, 8(3), pp. 553–566. https://doi.org/10.15408/jch.v8i3.1 7950
Setyoho, P. I. (2001). Perilaku Birokrasi Dalam Penanggulangan Kemiskinan (Bureaucracy Behaviours on Poverty Alleviation). Jurnal Pembangunan Pedesaan, 1(1), p. 116406. https://www.neliti.com/publicatio ns/116406/perilaku-birokrasidalam-penanggulangankemiskinan-bureaucracybehaviours-on-pov Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
In the event that the article is accepted by the Editorial Team of KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) and there is a decision to publish the article, the copyright of the article passes to KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online).
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) as the publisher of the Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) holds the copyright to all articles published in this journal.
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) has the right to reproduce and distribute this article and the author is not allowed to republish the same article that has been published in this journal.
Manuscript Authenticity and Copyright Statement can be downloaded: Click Here
After filling out the statement, please send it via email: kimap@unismuh.ac.id