Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pealyanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Soppeng
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Soppeng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian mixed methods dengan tipe penelitian fenomenologi dan survei. Hipotesis yang dikemukakan adalah budaya organisasi terhadap kualitas. Data diperoleh dari 60 Responden yang terdiri dari 11 orang pegawai dan 49 orang masyarakat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear sederhana dengan Y = 41,464 + 436 X dengan bantuan Pearson product moment (r) melalui program SPSS Versi 22.0 pada taraf signifikan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan antara budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan di Kantor Samsat Kabupaten Soppeng dengan koefisien regresi 0,436 sebesar dalam interpretasi koefisien regresi pada kategori sedang sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Soppeng.
Full Text:
PDFReferences
Andrey Carver Purba. Skipsi. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Medan Selatan. 2015. Diakses 18 Februari 2019.
Dwiyanto, Agus. 2005 . Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. . Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta : Andi Ofset.
Hikamawati. Skripsi. Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di sekretarian daerah kabupaten gowa. 2017. Diakses 18 Februari 2019.
Moenir, H. 2002 . Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Peraturan Menteri No. 63 Tahun
tentang Pendayagunaan Aparatur Negara
Ratminto dan Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Robbins, S. P. 2006. PerilakuOrganisasi . Jakarta: PT Gramedia.
Sinambella. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Pertja
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005.Manajemen Publik . Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
_____
Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin Nomor 259
Kota Makassar - Sulawesi Selatan