STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN ENREKANG

Nursyafitra Hijriah, Muhlis Madani, Ihyani Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam meningkatan kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Informasi penelitian ini dikumpul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembagan pelayanan telah menjadi faktor penting dalam peningkatan kualiatas pelayanan publik di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. Strategi pengembangan sistem prosedur langka-langka yang diambil dalam pengembangan sistem prosedur meliputi standardisasi prosedur, penerapan teknologi informasi, peneningkatan aksesibilitas layanan, pelatihan dan pengembagan sumber daya manusia, seta pemantauan secara berkala, strategi pengembangan infrastruktur mengembangkan teknologi dan sistem informasi yang canggih, kolaborasi dengan pemerintah yang penting, evaluasi yang berkala, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia, agar menjadi langka-langka yang penting dan saling terkait di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang. Strategi pengembangan budaya dan kultur membangun budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat, meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar pegawai, serta mengembangkan sikap profesionalilsme dan integritas.

Keywords


strategi, pemerintah, pelayanan publik, kualitas pelayanan

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. M. A., Mappamiring, M., & Ma'ruf, A. (2021). Etika Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Tamaona Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), pp. 1633-1647.

Azan, A. R., Hanif, A., & Fitr, A. T. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39- 46.https://doi.org/10.54783/dialekt ika.v19i1.62

Danna, D. C., & Kismartini, K. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Batang. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(3), pp. 344- 359.

Mulyadi. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Ningsih, F. (2013). Kinerja Aparat Pemerintah Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Desa Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau. PublikA: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 2(3). pp. 1-7.

Nugraha, R. N., & Ananda, A. (2022). Peran Reception Dalam Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pengunjung Hotel Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 6(1), pp. 283– 290.

Prajatama, K. S., Larasati, E., Lituhayu, D., & Publik, D. A. (2021). Manajemen Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Melalui EPBB di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 11(1), pp. 173–192.

Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. books.google.com.

Setiawan, R., Sulthan, M. F., & Abdurrahman, A. (2020). Government Policy in Public Services in the Republic of Tatarstan, Russia. Jurnal Cita Hukum, 8(3), pp. 553–566. https://doi.org/10.15408/jch.v8i3.1 7950

Setyoho, P. I. (2001). Perilaku Birokrasi Dalam Penanggulangan Kemiskinan (Bureaucracy Behaviours on Poverty Alleviation). Jurnal Pembangunan Pedesaan, 1(1), p. 116406. https://www.neliti.com/publicatio ns/116406/perilaku-birokrasidalam-penanggulangankemiskinan-bureaucracybehaviours-on-pov Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan