Perancangan Islamic Center dengan Pendekatan Arsitektur Humanis di Kota Makassar

Irwandi Irwandi, Mursyid Mustafa, Citra Amalia Amal, Sahabuddin Latif, Rohana Rohana, Khilda Wildana Nur

Abstract


Islam merupakan agama rahmatan lil ’alamin yang dapat diartikan bahwa islam merupakan rahmat bagi seluruh alam, apabila diamalkan secara benar. Hal tersebut tentu saja dapat terwujud kedepannya, apalagi dalam beberapa tahun terakhir generasi muda saat ini banyak yang mulai berhijrah dan hal ini telah menjadi sebuah tren perubahan sosial bagi generasi millenial. Oleh karena itu menjadi gerakan besar untuk mempromosikan semangat reformasi dalam konteks masyarakat religius. Islamic Center Millenial dengan Pendekatan Arsitektur Humanis dianggap sebagai salah satu opsi yang cocok untuk mewadahi generasi muslim millenial dengan pemikiran kritis serta peka terhadap isu sosial dan mulai memperdalam keilmuaannya tentang ajaran agama Islam. Dengan menggunakan pendekatan humanis yang berlandaskan teori hierarki manusia oleh Abraham Maslow ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan fasilitas bagi generasi millenial sesuai kebutuhan mereka serta menarik lebih banyak lagi dari mereka untuk datang berkegiatan di Islamic Center ini nantinya, sehingga mereka dapat belajar serta berkolaborasi bersama dan memberikan kontribusi positif bagi umat atau pun negara.


Keywords


Arsitektur Humanis, Arsitektur Humanis, Generasi Millenial, Islamic Center, Islam

Full Text:

198-204 PDF

References


Addini, A. (2019). Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim Sebagai Mode Sosial. Journal of Islamic Civilization, 1(2), 109–118.

Anisa, F. (2018). Hijrah Millenial: Antara Kesalehan dan Populism. Maarif Institute, 13(2), 38–54.

Annisa, Dika (2019). Perancangan Islamic Center Dengan Kearifan Lokal di Makassar. Makassar: Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aruma, E. O., & Hanachor, M. E. (2017). Abraham Maslow’s hierarchy of needs and assessment of needs in community development. International Journal of Development and Economic Sustainability, 5(7), 15-27.

At-Toyibi, M. N. H., & Kusuma, S. D. (2020). Dasar Pemikiran Arsitektur Humanistik: Pemahaman dan Tokohnya dari Era ke Era. Sinetika, Jurnal Arsitektur, 17(1), 49-53.

Badan Pusat Statistika Kota Makassar (2022). Kota Makassar Dalam Angka 2022. Makassar: BPS Kota Makassar.

Centre, J. I. (2021). Jakarta Islamic Centre, Kemegahan Arsitektur yang Tak Akan Luntur. https://islamic-center.or.id/jakarta-islamic-centre-kemegahan-arsitektur-yang-tak-akan-luntur/. Diakses pada Agustus 2022.

Centre, J. I. (2021). Jakarta Islamic Centre, Keindahan Arsitektur Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. https://islamic-center.or.id/keindahan-arsitektur-masjid-raya-jakarta-islamic-centre/. Diakses pada Agustus 2022.

Dahlan, M. (2020). Geneologi Islamisme di Kalangan Muslim Millenial Indonesia. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 9(1), 1-25.

Fajriani, S. W., & Sugandi, Y. S. (2019). Hijrah Islami Millenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), 76–88.

Goble, Frank G. (1985). Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow (terjemahan). Yogyakarta: Kanisius.

Guzlana, A. P. (2019). Islamic Center Di Kabupaten Kulon Progo. (Doctoral Dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials rising: The Next Great Generation (p. 29). New York: Vintage Books.

James, E., & Hope, S. (2015). Muslim Millennial Attitudes on Religion & Religious Leadership. Uni Emirat Arab: Zogby Research Services, LLC.

Lester, D. (2013). Measuring Maslow's Hierarchy of Needs. Psychological reports, 113(1), 15-17.

Millward, P., & Takhar, S. (2019). Social Movements, Collective Action and Activism. Sociology, 53(3), NP1-NP12.

Muis, A. (2010). Islamic center di kepanjen Kabupaten Malang: Tema regionalisme arsitektur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Neufert, Ernest. 1999. Data Arsitek. Diterjemahkan oleh Ir. Sjamsu Amril. Jakarta : Erlangga.

Departemen Agama, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (DITJEN BIMAS) Islam, Direktorat Penerangan Agama. (1976). Petunjuk pelaksanaan (JUKLAK) Proyek Islamic Center di seluruh Indonesia. Jakarta: Departemen Agama.

Kementerian Agama. (2022). Qur’an Kemenag Surah 16 An-Nahl Ayat 125

https://quran.kemenag.go.id/surah/16. Diakses Mei 2022.

Setiawan, E., Desiana, F. I., Wulandari, W., & Salsabila, I. (2017). Makna Hijrah Pada Mahasiswa Fikom Unisba di Komunitas (followers) Account LINE@DakwahIslam. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10 (1), 97-108.

Zahara, M. N., Wildan, D., & Komariah, S. (2020). Gerakan Hijrah: Pencarian Identitas untuk Muslim Millenial di Era Digital. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 52-65.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i3.8984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats